Menu
Leading News For Education For Aceh

Tingkatkan Minat Baca, Kepala SMAN 1 Ranto Sulap Taman Literasi

  • Bagikan

ACEHSIANA.COM. KUALA SIMPANG – Dalam upaya meningkatkan minat baca bagi siswa di SMA Negeri 1 Ranto Kabupaten Aceh Tamiang, pihak sekolah membangun taman literasi yang nyaman untuk dipandang.

Kepala sekolah bersama dewan guru membangun taman literasi sebagai upaya menumbuhkembangkan minat baca siswa untuk gerakan literasi sekolah (GLS).

Hal itu disampaikan Kepala SMA Negeri 1 Ranto, Dedi Kurniawan MPd kepada media ini, Senin (26/2/2024) mengatakan, ia menyulap taman literasi untuk menambah minat membaca dengan nyaman.

Selain itu katanya, juga bisa dilakukan proses belajar mengajar di luar kelas supaya membuat kenyamanan bagi peserta didik untuk menggali informasi dan pengetahuan.

“Pembangunan taman literasi ini mendapat dukungan dari dewan guru dan tenaga kependidikan di SMA Negeri 1 Ranto Aceh Tamiang,” ujar Dedi.

Ketua IGI Daerah Aceh Tamiang ini menuturkan, gerakan literasi sekolah harus dibarengi dengan fasilitas yang nyaman, baik di dalam maupun di luar.

Kata Dedi, selain tersedianya buku bacaan, pihak sekolah harus membangun fasilitas agar peserta didik bisa membaca sambil menikmati udara segar di luar ruangan perpustakaan.

“Tujuan dibangunnya fasilitas taman literasi ini agar peserta didik merasa nyaman dan bisa dimanfaatkan sebagai tempat belajar di luar ruangan kelas,” ungkapnya.

Dedi mengharapkan, dengan adanya taman literasi ini peserta didik terus meningkatkan minat bacanya untuk menggali ilmu pengetahuan, karena dengan membaca akan membuka jendela dunia. (*)

  • Bagikan