Menu
Leading News For Education For Aceh

SLBN Pembina Provinsi Aceh Tampilkan Atraksi Kesenian pada Acara HDI 2023

  • Bagikan

ACEHSIANA.COM – BANDA ACEH – Para siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Pembina Provinsi Aceh menampilkan atraksi berbagai kesenian pada peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) tahun 2023.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar berlangsung di Aula Tekkomdik Kota Banda Aceh, Selasa (5/12/2023).

Kacabdisdik Wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar, Syarwan Joni MPd dalam sambutannya menyampaikan, bahwa penyelenggaraan pendidikan inklusif berupaya untuk mewujudkan akses setara di bidang pendidikan.

“Hal ini diatur dalam UUD 1945 Pasal 28H ayat (2) yang menyebutkan bahwa setiap orang berhak mendapat kemudahan dan perlakuan khusus untuk memperoleh kesempatan dan manfaat yang sama guna mencapai persamaan dan keadilan,” ujar Syarwan.

Sehingga katanya, kegiatan memperingati Hari Disabilitas Internasional ini berupaya untuk menggaungkan semangat inklusivitas.

Syarwan mengimbau, mari kita jadikan peringatan ini sebagai momentum untuk menegaskan kepedulian dan solidaritas dalam meletakkan prinsip dasar inklusivitas yaitu No One Left Behind.

Kacabdisdik menambahkan, peringatan Hari Disabilitas Internasional merupakan bentuk pengakuan seluruh masyarakat di dunia terhadap penyandang disabilitas, peneguhan komitmen seluruh bangsa, dan membangun kepedulian guna mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan teman-teman disabilitas.

Syarwan mengajak para peserta untuk turut menerapkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila guna mewujudukan iklim inklusivitas.

“Mari bersama mewujudkan iklim inklusivitas bagi teman-teman disabilitas dengan membangun karakter kita melalui perwujudan Profil Pelajar Pancasila,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala SLB Negeri Pembina Provinsi Aceh, Yossi Novianti SE SPd mengucapkan terima kasih atas dukungan Kacabdisdik Wilayah Banda Aceh, pengawas sekolah, semua dewan guru dan orang tua siswa yang antusias mendukung kegiatan ini.

Yossi menjelaskan, sebelum memasuki acara puncak peringatan HDI, terlebih dahulu guru dan siswa membagikan bunga kepada pengendara di sekitaran jalan Tgk Daud Bereueh dan jalan Nyak Makam depan Kantor Gubernur Aceh.

Pembagian bunga kepada para pengendara ini turut serta peran anggota kepolisian dari Polresta Banda Aceh dalam mengatur kenyamanan arus lalu lintas.

“Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) turut ditampilkan pada peringatan Hari Disabilitas Internasional ini oleh guru dan siswa SLB Negeri Pembina Provinsi,” sebut Kepala SLB berprestasi tingkat provinsi ini.

Yossi menambahkan, selain atraksi berbagai tarian yang dipersembahkan siswa SLB Negeri Pembina Provinsi juga ditamilkan karya seni siswa dan pameran makanan dan minuman hasil karya siswanya.

Peringatan HDI tahun 2023 turut dihadiri Ketua MKKS SLB dan MKPS SLB Provinsi Aceh, jajaran Polresta Banda Aceh serta tamu undangan lainnya.(*)

  • Bagikan
"zone name","placement name","placement id","code (direct link)" direct-link-575147,DirectLink_1,17796333,https://earlierindians.com/j9hc8f2u?key=0215f31837d1d1f6258a99206aaefbf3 direct-link-575147,DirectLink_2,19132374,https://earlierindians.com/n0znctu1?key=472816a51fea2a2e83dc52e72f60df5a