Menu
Leading News For Education For Aceh

Siswa SMA Negeri 1 Sukamakmur Gelar Baksos Saweu Masjid

  • Bagikan

ACEHSIANA.COM – Aceh Besar – Sejumlah siswa yang tergabung dalam OSIS, Pramuka dan Rohis SMA Negeri 1 Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar mengadakan kegiatan bakti sosial di masjid-masjid dalam kemungkiman Kecamatan Sukamakmur.

Wakil kepala bidang humas SMAN 1 Sukamamkmur, Khairul Zami kepada acehsiana.com mengatakan, bakti sosial ini dilakukan secara konsisten setiap hari Jumat awal dan pertengahan bulan.

“Kegiatan ini usai para siswa melaksanakan kegiatan membaca Surah Yasin pada Jum’at pagi di pelataran sekolah,” kata Zami.

Dikatakan, kegiatan yang di ikuti oleh sebagian siswa laki-laki ini telah membersihkan lingkungan sejumlah masjid yang ada di Kecamatan sukamakmur.

Selanjutnya kata Zami, pada kesempatan hari ini tanggal 3 Februari 2023, Masjid Kemukiman Sungai Limpah Kecamatan Sukamakmur menjadi sasaran bakti sosial.

“Adapun sasaran yang menjadi fokus para siswa adalah sampah dan perkarangan masjid,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu disampaikannya, kegiatan ini adalah agenda rutin SMA Negeri 1 Sukamakmur dalam rangka menanamkan kepekaan sosial dan kesadaran lingkungan bagi para siswa.

“Kegiatan ini telah berhasil dilaksanakan di beberapa masjid di lingkup Kecamatan Sukamakmur antara lain, Masjid Besar Al-Makmur Sibreh, Masjid Kemukiman Baet, Masjid kemungkiman Lam Lhe,” sebut Zami.

Ditambahkannya, hari ini dilaksanakan di Kemukiman Sungai Limpah. Pihak nya juga menambahkan untuk Jum’at pertengahan bulan Februari ini akan melaksanakan bakti sosial di Masjid Kemukiman Aneuk Bate Kecamatan Sukamakmur.

“Kegiatan ini sangat penting dalam membentuk kepribadian kecintaan para siswa terhadap masjid dan kepekaan terhadap kebersihan lingkungan terutaman masjid,” sambung Zami.

Dia mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak terutama masyarakat yang sangat antusias mendukung aksi para siswa ini.

Sementara Imam masjid Al-Falah Tgk Azhari menyambut baik aksi yang dilakukan oleh para siswa SMA Negeri 1 Sukamakmur.

“Kami mengucapkan terimakasih atas kegiatan positif ini dan berharap kegiatan serupa akan terus digalakkan dikalangan siswa di sekolah-sekolah lain,” ucap Tgk Azhari.

Katanya, kegiatan seperti ini selain dapat membatu para khadam masjid menjaga kebersihan lingkungan juga akan memberi dampak kecintaan para generasi mudah terhadap masjid.

Sedangkan salah seorang siswa, Muhammad Noval dari kelas XII-IS1 menuturkan, ia merasa sangat bahagia dengan adanya kegiatan ini.

“Kami merasa dapat memberikan kontribusi terhadap lingkungan, apalagi yang dibersihkan adalah rumah Allah tentunya akan mendapat pahala yang berlimpah,” ujarnya.

Noval menyampaikan, terima kasih kepada masyarakat terutama para pengurus masjid yang menyambut baik kegiatan yang diadakan.

Bahkan sampai menyediakan penganan dan minuman bagi mereka setiap berkujung melakukan bakti sosial ke masjid-masjid. (*)

  • Bagikan