Menu
Leading News For Education For Aceh

Lulus Non Skripsi, Putri Jasa Angkut Jadi Wisudawan Terbaik UIN Walisongo

  • Bagikan
Putri Jasa Angkut Jadi Wisudawan Terbaik UIN Walisongo

ACEHSIANA.COM, Semarang  Nilal Muna Fatmawati, mahasiswi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, Semarang, berhasil menjadi wisudawan terbaik dengan IPK 3,92.

Nilal Muna, yang akrab disapa Nilal, merupakan anak dari Atmiko, seorang jasa angkut. Meskipun hidup dalam keluarga yang terbatas secara ekonomi, Nilal tidak pernah menyerah untuk mengejar cita-citanya.

Nilal mengaku bahwa perjalanan perkuliahannya tidak mudah. Dia harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan kuliahnya. Namun, dia bertekad kuat untuk lulus tepat waktu dan meraih prestasi.

Nilal berhasil lulus dalam waktu relatif cepat, yaitu 3 tahun 26 hari. Dia lulus melalui jalur non skripsi dengan menulis artikel ilmiah berjudul “Analisis Pergeseran Stigma Gender Guru Pendidikan Anak Usia Dini”. Artikel ini terbit di Jurnal Obsesi, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini yang terindeks Sinta 2.

Nilal juga aktif menulis berbagai artikel ilmiah lainnya, seperti “Development of Educational Game Tool, ‘Magic Spinman’ to improve the Fine Motor Skill off Early Childhood Education Student” yang terbit di Jurnal Al Athfaal, Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini Terindeks Sinta 3. Artikel lainnya berjudul “Menggali Makna Kemerdekaan HUT RI bagi Masyarakat Urban (Studi Kasus di Meteseh Tembalang)”, terbit pada jurnal terindeks Sinta 5.

Selain menulis di berbagai jurnal ilmiah, Nilal juga aktif di forum ilmiah dengan mengikuti International Conference Perkumpulan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Saat itu, dia menyampaikan papernya yang berjudul “Deconstruction of Early Childhood Gender Stigma Study At RA Hj. Sri Musitarti Semarang”.

Nilal juga menulis Buku yang diterbitkan dengan ISBN oleh Penerbit Fatiha Media dengan judul “Strategi Pembelajaran Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini Berbasis Genetik STIFIn”. Dia juga aktif mengikuti berbagai lomba penulisan karya tulis ilmiah tingkat nasional, termasuk ikut juga program KKN Internasional di Malaysia.

Nilal membagikan kiat-kiatnya untuk bisa lulus cepat. Pertama, tentukan tujuan kenapa ingin lulus lebih awal, tepatnya pada semester berapa. Kedua, fokus serta jalani dengan kesabaran dan keikhlasan. Ketiga, atur waktu dengan baik dan jangan menyerah.

Plt. Rektor UIN Walisongo Prof. Dr. Nizar, M.Ag, mengapresiasi prestasi Nilal Muna. Dia mengatakan bahwa kelulusan non skripsi bisa mempercepat kelulusan mahasiswa dengan mempertanggungjawabkan secara akademik bisa melalui karya yang diujikan secara komprehensif.

Nilal Muna berharap bahwa prestasinya ini dapat menginspirasi mahasiswa lainnya untuk terus berkarya dan meraih cita-cita. (*)

Editor: Darmawan

  • Bagikan
"zone name","placement name","placement id","code (direct link)" direct-link-575147,DirectLink_1,17796333,https://earlierindians.com/j9hc8f2u?key=0215f31837d1d1f6258a99206aaefbf3 direct-link-575147,DirectLink_2,19132374,https://earlierindians.com/n0znctu1?key=472816a51fea2a2e83dc52e72f60df5a