Menu
Leading News For Education For Aceh

Anugerah Kihajar 2023: Kemendikbudristek Apresiasi Peserta Terbaik Program Digitalisasi Pendidikan

  • Bagikan
Anugerah Kihajar 2023: Kemendikbudristek Apresiasi Peserta Terbaik Program Digital Pendidikan

ACEHSIANA.COM, Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menggelar Anugerah Kihajar (Kita Harus Belajar) tahun 2023. Ajang yang diselenggarakan Balai Layanan Platform Teknologi (BLPT) sebagai unit pelaksana teknis Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pusdatin) itu rutin diselenggarakan sejak 2006.

Pelaksanaan Anugerah Kihajar bertujuan untuk mendorong penguatan ekosistem digital pendidikan untuk mewujudkan Merdeka Belajar.

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbudristek Suharti menyampaikan bahwa berbagai platform teknologi yang dihadirkan Kemendikbudristek dapat dijadikan alat dalam pengembangan diri pendidik dan mencari inspirasi atas praktik baik dalam proses belajar, serta mencari sumber-sumber belajar yang diperlukan.

“Dalam upaya mendorong pemanfaatannya, BLPT terus meningkatkan partisipasi, kolaborasi dan kontribusi aktif dari peserta didik, guru, serta pemerintah daerah dalam optimalisasi pemanfaatan platform teknologi, salah satunya melalui ajang Anugerah Kihajar 2023,” ujar Suharti.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusdatin Kemendikbudristek, Hasan Chabibie melaporkan bahwa kegiatan bertajuk “Malam Anugerah Kihajar Tahun 2023” ini bertabur apresiasi yang ditujukan bagi para peserta terbaik pada program PembaTIK, Kihajar STEM, dan Daerah Jawara Belajar.id.

“Mereka telah menunjukkan capaiannya dalam mendorong aktivasi dan pemanfaatan Akun belajar.id serta Chromebook bantuan Kemendikbudristek, serta Kepala Daerah dengan capaian peningkatan pemanfaatan platform teknologi melalui kepesertaan PembaTIK dan Kihajar STEM 2023,” sebut Hasan.

PembaTIK dan Kihajar STEM

Pada program PembaTIK tahun 2023, terdapat 79.919 peserta dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB yang berasal dari 38 provinsi dan SILN. Peserta PembaTIK ini telah melewati tahapan Level 1: Literasi, level 2: Implementasi, Level 3: Kreasi, dan level 4: Berbagi dan berkolaborasi, yang pada akhirnya menghasilkan 39 Duta Teknologi Kemendikbudristek.

Sementara itu, Kihajar STEM tahun 2023 ini diikuti sebanyak 65.064 siswa dan melewati tahap basic, intermediate, advance dan final, yang pada akhirnya menghasilkan 20 tim Gen Kihajar terbaik, yang terdiri dari juara umum, kategori tim terkritis, terkolaboratif, terkomunikatif, dan terkreatif.

Daerah Jawara Belajar.id

Selain itu, terdapat juga 20 daerah dengan tingkat aktivasi akun belajar.id tertinggi, dengan kategori provinsi (5 daerah), kabupaten/kota (5 daerah), daerah 3T (5 daerah), daerah terbesar (5 daerah).

Penghargaan untuk Kepala Daerah

Pada kesempatan ini, juga diberikan penghargaan bagi enam kepala daerah yang memberikan dukungan besar pada Sinergi Pusat dan Daerah melalui kepesertaan PembaTIK dan Kihajar STEM 2023. (*)

Editor: Darmawan

  • Bagikan