Menu
Leading News For Education For Aceh

Sosialisasikan SNPMB, CDP Lhokseumawe Gandeng Politeknik Negeri Lhokseumawe

  • Bagikan
Sosialisasikan SNPMB, CDP Lhokseumawe Gandeng Politeknik Negeri Lhokseumawe

ACEHSIANA.COM, Lhokseumawe – Dalam rangka mengsosialisasikan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Cabang Dinas Pendidikan (CDP) Wilayah Kota Lhokseumawe menggandeng Politeknik Negeri Lhokseumawe. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Cabdin setempat, pada Kamis (26/1).

Sosialiasi tersebut bertujuan untuk memperkenalkan kepada kepala sekolah dan operator sekolah tentang jalur masuk perguruan tinggi yang berubah pada tahun 2023 berdasarkan Permendikbudristek No. 48 Tahun 2022 ada tiga jalur yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) Seleksi Nasional berdasarkan Tes (SNBT) Seleksi secara Mandiri oleh PTN.

Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah Kota Lhokseumawe, Supriariadi SPd dalam sambutanya mengatakan bahwa tahun 2023 Lhokseumawe menargetkan lulus terbanyak SNPMB dari Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Aceh, setelah tahun sebelumnya runner up dari Kota Banda Aceh.

“Peran operator sekolah sangat besar dalam menyukseskan kelulusan SNPMB. Saya minta agar operator untuk memastikan semua sekolah telah membuat akun SNPMB. Fasilitasi siswa kelas XII untuk mendaftar pada jurusan dan kampus pilihannya,” ujar Supriariadi.

Supriariadi juga meminta Politeknik Negeri Lhokseumawe untuk memfasilitasi siwa SMK magang ke kampus tersebut agar dapat meningkatkan kapasitas siswa SMK Lhokseumawe.

“Dinas Pendidikan Aceh dan 20 Cabang Dinas sudah melakukan MoU dengan Politeknik Negeri Lhokseumawe beberapa waktu lalu, sehingga kami harap ada manfaat langsung terhadap sekolah sekolah di Lhokseumawe,” sebut Supriariadi.

Sementara itu, Wakil Direktur I Politeknik Negeri Lhokseumawe, Ir Zamzami ST MEng menyambut baik harapan KCD dengan menyampaikan agar kepala sekolah tidak menyian-yiakan kesempatan jalur SNBP bagi siswa yang memiliki prestasi baik di tingkat Kabupaten/Kota maupun Provinsi.

“Jalur SNBP adalah jalur tol masuk Perguruan Tinggi Negeri bagi siswa berprestasi. Apalagi siswa mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP). Manfaat kesempatan dari pemerintah ini untuk berbagai fasilitas kuliah,” ungkap Zamzmi. (*)

Kontributor: Zul

Editor: Darmawan

  • Bagikan