Menu
Leading News For Education For Aceh

Mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Inggris FKIP USK Gelar Seminar Series, Tingkatkan Kemampuan Berbicara Secara Formal

  • Bagikan
Mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Inggris FKIP USK Gelar Seminar Series untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Secara Formal

ACEHSIANA.COM, Banda Aceh – Mahasiswa program studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala (USK) menggelar seminar series bertajuk “Formal Public Speaking For Success”. Seminar series perdana ini merupakan output dari mata kuliah Speaking for Formal Setting yang diasuh oleh Dr Iskandar Abdul Samad dan Prof Sofyan A. Gani.

Seminar series yang dilaksanakan di Lapangan Tugu USK pada Sabtu (9/12) ini menghadirkan sejumlah pembicara dari para mahasiswa yang terdaftar pada mata kuliah ini. Sekitar 20 mahasiswa terbagi dalam 4 cluster topik bahasan menjadi presenter. Diantara pembicara yang tampil adalah Ainun Nur Padila S dan Muhammad Iqmal Pasha.

Seminar series ini dilaksanakan outdoor dan juga memberikan kesempatan bagi para pembicara dan partisipan untuk berpartisipasi dalam sesi diskusi interaktif. Mereka dapat bertukar pikiran, berbagi pengalaman, dan mengajukan pertanyaan kepada para pembicara, sehingga tercipta suasana kolaboratif dan edukatif yang inspiratif.

Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FKIP USK, Prof Asnawi Muslem menyambut baik terlaksananya undergraduate student seminar series untuk mendorong mahasiswa mampu berbicara bahasa Inggris secara formal.

“Kami sangat mendukung model-model ujian dalam bentuk seminar series seperti ini karena mendorong mahasiswa untuk mampu berbicara dalam Bahasa Inggris secara formal layaknya mereka berada di forum seminar ilmiah,” ungkap Prof Asnawi.

Prof Asnawi menyampaikan, mahasiswa menjadi lebih tertantang dan lebih siap lagi mempersiapkan dirinya sebaik mungkin agar kualitas mereka setelah meningkat khususnya dalam hal berbicara Bahasa Inggris secara formal.

Senada dengan itu, Nira Erdiana MPd selaku Sekretaris Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FKIP USK menuturkan, bahwa model ujian dalam bentuk seminar series sangat sesuai dengan pengajaran berbasis proyek yang disarankan oleh pemerintah.

“Asesmen summatif untuk mata kuliah Speaking for Formal Setting yang dikemas dalam bentuk seminar series sangat sesuai dengan model pembelajaran berbasis proyek,” ucapnya.

Learning model ini katanya, sangat disarankan untuk diaplikasikan masa sekarang. Hal ini memungkinkan mahasiswa untuk mengaplikasikan keterampilan speaking mereka dalam konteks real life serta juga memperkuat pembelajaran praktis.

Sementara itu, Dr Iskandar Abdul Samad, Koordinator Prodi MPBEN yang juga dosen mata kuliah Speaking for Formal Setting mengapresiasi antusiasme para mahasiswa dalam melakukan presentasi dan juga support dari pimpinan jurusan.

“Sebagai dosen pengampu mata kuliah Speaking for Formal Setting, kami sangat senang melihat antusias para mahasiswa dalam melakukan penampilan terbaiknya sebagai ujian akhir,” ujarnya.

“Dukungan dari jurusan juga sangat tinggi sehingga pelaksanaan seminar series ini berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Kata Iskandar, Undergradute student seminar series perdana ini menjadi momen penting bagi para mahasiswa untuk menyatukan berbagai ide dan menciptakan inovasi dalam meningkatkan mutu pembelajaran Bahasa Inggris.

“Seminar ini juga memberi kesempatan kepada para mahasiswa untuk dapat mempersiapkan diri tampil sukses pada acara formal lainnya,” pungkas Iskandar. (*)

Kontributor: Baihaki

Editor: Darmawan

  • Bagikan