Menu
Leading News For Education For Aceh

USK Masuk 47 Kampus Klaster Mandiri 2024

  • Bagikan
USK Masuk 47 Kampus Klaster Mandiri 2024

ACEHSIANA.COM, Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengumumkan hasil klasterisasi perguruan tinggi tahun 2024 pada Kamis (4/1). Klasterisasi ini bertujuan untuk mengukur kinerja perguruan tinggi dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Berdasarkan data yang diperoleh dari laman Kemendikbudristek, terdapat lima klaster yang ditetapkan, yaitu Mandiri, Utama, Madya, Pratama, dan Binaan. Klaster Mandiri merupakan klaster tertinggi yang menunjukkan kinerja perguruan tinggi yang paling baik dan mandiri dalam pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Tercatat, ada 47 kampus yang masuk dalam klaster Mandiri tahun 2024. Beberapa di antaranya adalah IPB University, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, Universitas Sebelas Maret, Universitas Sriwijaya, Universitas Syiah Kuala, dan Universitas Udayana.

Klasterisasi perguruan tinggi tahun 2024 didasarkan pada hasil olahan data kinerja perguruan tinggi berbasis Science and Technology Index (SINTA) periode 2020 hingga 2022. Data kinerja yang diperhitungkan meliputi data penulis, afiliasi, artikel, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kekayaan intelektual, dan buku. Data tersebut telah diverifikasi dan divalidasi oleh verifikator Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Perguruan Tinggi.

Kemendikbudristek menegaskan bahwa klasterisasi ini bukan merupakan pemeringkatan, melainkan pengelompokkan perguruan tinggi sesuai dengan kualifikasi kinerja perguruan tinggi. Klasterisasi ini diharapkan dapat menjadi dasar penyusunan peta jalan riset dan rencana strategis, serta landasan penentuan kewenangan pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi.

Selain itu, klasterisasi ini juga diharapkan dapat mengakselerasikan kinerja perguruan tinggi melalui skema-skema kolaborasi yang menyatukan dan menyinergikan potensi-potensi perguruan tinggi lintas klaster dalam peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Hasil pengukuran data kinerja perguruan tinggi untuk klasterisasi perguruan tinggi tahun 2024 dapat dilihat di menu Metrics Cluster pada profil perguruan tinggi melalui laman SINTA atau pada menu operator di BIMA. Daftar perguruan tinggi pada lampiran daftar klaster diurutkan berdasarkan alfabetis dan tidak mengindikasikan urutan nilai skor maupun perankingan. (*)

Editor: Darmawan

  • Bagikan
"zone name","placement name","placement id","code (direct link)" direct-link-575147,DirectLink_1,17796333,https://earlierindians.com/j9hc8f2u?key=0215f31837d1d1f6258a99206aaefbf3 direct-link-575147,DirectLink_2,19132374,https://earlierindians.com/n0znctu1?key=472816a51fea2a2e83dc52e72f60df5a