1 C
Munich
Kamis, Desember 1, 2022

Unimal Latih Guru SMK Teknik Menggambar Menggunakan Solid Work

Must read

ACEHSIANA.COM, Lhokseumawe – Puluhan guru produktif jurusan Teknik Mesin SMK se-Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara dilatih Teknik dasar menggambar menggunakan Solid Work. Mereka dilatih oleh tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh (Unimal), Lhokseumawe pada Rabu (25/11) di Laboratotium Komputer Teknik Mesin.

Ketua Panitia, Muhammad ST Meng, menjelaskan bahwa pelatihan tersebut dilaksanakan sebagai wadah untuk menjembatani Jurusan Teknik Mesin dengan kebutuhan masyarakat. Tahap I, tambah Muhammad, direkrut alumni Jurusan Teknik Mesin Unimal terlebih dahulu.

“Respon peserta sangat luar biasa. Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini karena sangat dibutuhkan dalam pembelajaran di sekolah,” ujar Muhammad.

Dekan Fakultas Teknik Unimal, Dr Muhammad ST MSc, dalam sambutannya menegaskan bahwa perlu satu garis untuk menghasilkan produk berkualitas. Anak SMK jurusan Teknik Mesin yang akan melanjutkan kuliah seharusnya di jurusan Teknik Mesin atau Vokasi Mesin.

“Siswa Teknik Mesin perlu ketangkasan menggambar. Oleh karena itu guru Teknik Mesin harus memiliki kemahiran menggambar agar siswa punya kompetensi menggambar,” tegas Muhammad.

Dikatakan Muhammad bahwa saat ini sudah banyak tersedia software menggambar. Salah satunya, sebut Muhammad, adalah Solid Work.

“Mudah-mudahan ini menjadi awal dari kemajuan siswa di era Revolusi Industri 4.0. Hasil gambar dapat disimulasikan dalam bentuk 3 D,” kata Muhammad.

Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Lhokseumawe, Jon Darmawan MPd pada kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Jurusan Teknik Mesin Unimal yang telah memfasilitasi guru SMK tentang Teknik menggambar menggunakan Solid Work. SMK umumnya kekurangan guru produktif sehingga guru yang ditugaskan untuk mengampu mata pelajaran produktif harus sering dilatih.

“Peserta harus memanfaatkan kesempatan emas ini untuk meningkatkan kompetensi. IGI akan terus berkolaborasi dengan pihak mana saja yang berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi guru,” pungkas Darmawan. (*)

Editor: Ami

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article