Menu
Leading News For Education For Aceh

UNHCR Kecam Pemindahan Paksa Pengungsi Rohingya oleh Massa di Banda Aceh

  • Bagikan
UNHCR Kecam Pemindahan Paksa Pengungsi Rohingya oleh Massa di Banda Aceh

ACEHSIANA.COM, Banda Aceh – Badan Pengungsi PBB (UNHCR) mengeluarkan pernyataan yang mengecam aksi massa yang memindahkan paksa 137 pengungsi Rohingya dari tempat penampungan sementara di Banda Aceh ke lokasi lain pada Senin (25/12). UNHCR menyebut aksi tersebut sebagai pelanggaran hak asasi manusia dan mengancam keselamatan pengungsi.

Menurut UNHCR, massa yang terdiri dari warga sipil dan beberapa anggota organisasi masyarakat sipil (ORMAS) menerobos masuk ke tempat penampungan yang dijaga oleh polisi dan memaksa pengungsi untuk naik ke dua truk. Massa kemudian membawa pengungsi ke sebuah gedung olahraga di Banda Aceh yang tidak memiliki fasilitas yang memadai.

UNHCR mengatakan bahwa aksi massa tersebut didasari oleh ketidakpuasan terhadap keberadaan pengungsi Rohingya di Banda Aceh, yang dianggap sebagai beban bagi pemerintah dan masyarakat setempat. UNHCR menegaskan bahwa pengungsi Rohingya adalah korban dari krisis kemanusiaan yang berkepanjangan di Myanmar dan Bangladesh, dan berhak mendapatkan perlindungan dan bantuan dari komunitas internasional.

UNHCR juga mengapresiasi upaya pemerintah Indonesia, khususnya pemerintah Aceh, yang telah memberikan bantuan dan perlindungan kepada pengungsi Rohingya yang terdampar di wilayahnya sejak tahun 2015. UNHCR berharap agar pemerintah Indonesia dapat terus berkoordinasi dengan UNHCR dan mitra lainnya untuk mencari solusi jangka panjang bagi pengungsi Rohingya, termasuk dengan memberikan akses ke pendidikan, kesehatan, dan pekerjaan.

UNHCR mengimbau agar masyarakat Aceh dapat menunjukkan solidaritas dan toleransi terhadap pengungsi Rohingya, yang juga merupakan sesama umat Islam. UNHCR mengingatkan bahwa Aceh pernah mengalami bencana alam dan konflik yang menyebabkan banyak warga Aceh menjadi pengungsi di negara lain. UNHCR berharap agar pengalaman tersebut dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat Aceh untuk membantu pengungsi Rohingya yang membutuhkan. (*)

Editor: Darmawan

  • Bagikan
"zone name","placement name","placement id","code (direct link)" direct-link-575147,DirectLink_1,17796333,https://earlierindians.com/j9hc8f2u?key=0215f31837d1d1f6258a99206aaefbf3 direct-link-575147,DirectLink_2,19132374,https://earlierindians.com/n0znctu1?key=472816a51fea2a2e83dc52e72f60df5a