Menu
Leading News For Education For Aceh

Tingkatkan Kemampuan Literasi Numerasi, SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu Latih Guru

  • Bagikan

Acehsiana | Aceh Utara ; Arah pendidikan Indonesia dewasa ini berbasis kecakapan literasi numerasi. Standar pendidikan Indonesia yang diantaranya mengacu pada Program International Student Assessment (PISA) yang membuat satuan pendidikan juga harus berfokus pada pengembangan literasi numerasi. Bagaimana tidak, standar Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang dilakukan oleh Kemendikbud mengarah pada PISA.

SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu salah satu sekolah yang pada tahun 2023 memperoleh apresiasi dari Kemendikbud terkait dengan nilai Raport Pendidikan yang baik. Salah satu unsur dari Rapor Pendidikan adalah kemampuan literasi dan numerasi siswa. Untuk mempertahankan nilai tersebut dan menguatkan kecakapan guru, SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu mengadakan In House Training (IHT) kecakapan literasi dan numerasi bagi guru pada Selasa, 5 Desember 2023. Pelatihan ini diadakan sebagai bagian dari upaya sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kemampuan mengajar para guru.

Acara ini dibuka oleh Kepala SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu, Jalaluddin SPd MPd. Dalam sambutannya, Jalaluddin menekankan pentingnya literasi dan numerasi dalam pendidikan masa kini. “Kemampuan literasi dan numerasi adalah kunci utama dalam proses pembelajaran. Dengan pelatihan ini, saya berharap para guru dapat lebih efektif dalam mengajar dan membimbing siswa,” ujar Jalaluddin.

Narasumber IHT ini, Khairuddin SPd MPd merupakan Kepala Sekolah Penggerak di Kabupaten Aceh Utara. Dalam pemaparannya, kegiatan berlangsung secara interaktif dan menyenangkan. Guru terlihat sangat antusias, terutama karena kepentingan literasi dan numerasi ini sangat penting. Analisis rapor pendidikan memberikan insiprasi terhadap pembenahan pada kemampuan literasi dan numerasi siswa. Selain itu, Khairuddin juga memberikan gagasan metode dan media pembelajaran yang dapat digunakan, bukan hanya sekedar digunakan saat evaluasi.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengintegrasikan literasi dan numerasi ke dalam kurikulum dan metode pengajaran. Diharapkan, dengan peningkatan keterampilan ini, para guru dapat lebih efektif dalam mengidentifikasi dan menangani kesulitan belajar yang dihadapi siswa, khususnya dalam mata pelajaran yang memerlukan kemampuan literasi dan numerasi tinggi.

Para guru yang mengikuti pelatihan ini menyatakan kepuasan mereka. Mereka merasa mendapatkan wawasan baru dan teknik mengajar yang inovatif, yang akan sangat berguna dalam proses pembelajaran di kelas. “Pelatihan ini sangat bermanfaat. Kami mendapatkan banyak teknik baru yang dapat kami terapkan langsung di kelas,” ujar Mawaddah salah satu guru peserta.

SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu berkomitmen untuk terus mengadakan pelatihan dan workshop serupa di masa depan, sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Sekolah ini percaya bahwa investasi dalam pengembangan profesional guru adalah kunci untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik bagi siswa

(Editor : Fais)

  • Bagikan
"zone name","placement name","placement id","code (direct link)" direct-link-575147,DirectLink_1,17796333,https://earlierindians.com/j9hc8f2u?key=0215f31837d1d1f6258a99206aaefbf3 direct-link-575147,DirectLink_2,19132374,https://earlierindians.com/n0znctu1?key=472816a51fea2a2e83dc52e72f60df5a