Menu
Leading News For Education For Aceh

Tingkatkan Kedisiplinan Siswa, SMA Negeri 1 Juli Gunakan Presensi online

  • Bagikan

Acehsiana.com –  Bireuen – SMA Negeri 1 Juli resmi menggunakan sistem presensi online untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Senin, 14 Mei 2024 merupakan hari pertama seluruh siswa diwajibkan melakukan presensi online berbasis appsheet. Pada hari sebelumnya seluruh siswa melalui wali kelas masing-masing sudah dibagikan Kartu Presensi siswa yang mencantumkan barcode masing-masing siswa.

Saat tiba di sekolah, untuk melakukan presensi, siswa bisa langsung menjumpai Guru Piket di pintu Gerbang Sekolah untuk menscan barcode dengan menggunakan smartphone guru piket yang sedang bertugas, Hasilnya akan langsung terekam di aplikasi jam kedatangan siswa di sekolah lengkap dengan keterangan hadir atau terlambat.

Bagi siswa yang tidak hadir baik sakit, izin ataupun alpa, dapat direkam oleh wali kelas masing-masing dengan login menggunakan link yang disiapkan khusus untuk wali kelas.

Saat Pulang, yang bertugas melayani siswa untuk menscan barcode Presensi adalah masing-masing guru mata Pelajaran jam terakhir yang bertugas di masing-masing kelas, hasil scan akan secara otomatis terupdate jam siswa meninggalkan sekolah pada hari tersebut.

Kepala SMA negeri 1 Juli Rahmawati, S. Pd berharap Dengan penggunaan presensi online berbasis AppSheet ini kami berharap kedisiplinan siswa akan semakin meningkat, selain itu kami akan lebih mudah mengelola admistrasi terutama admistrasi kehadiran siswa. Jika ingin memberikan laporan kehadiran siswa kepada orangtua, kami dapat melaporkan lengkap dengan jam kehadiran mereka disekolah.

Penggunaan presensi online ini juga dapat meminimalisir siswa bolos dari sekolah, jika mereka bolos, jam kepulangan mereka tidak terekam di aplikasi, karen scan barcode hanya dilayai saat selesainya jam Pelajaran di hari tersebut

Rahmawati juga menyampaikan terimakasih tak terhingga kepada seluruh Dewan guru yang sangat mendukung sehingga program ini dapat berjalan, Semoga atmosfer pembelajaran di SMA Negeri 1 Juli semakin baik

  • Bagikan