1 C
Munich
Kamis, Desember 1, 2022

Terima Bantuan Kewirausahaan, SMAN 1 Baitussalam Gelar Bazar Kewirausahaan

Must read

ACEHSIANA.COM, Aceh Besar – Sebagai sekolah penerima bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Program Kewirausahaan tahun 2019, SMA Negeri 1 Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar, kemarin menggelar Bazar Kewirausahaan.

Program Kewirausahaan yang sudah disiapkan mulai memasuki ajaran tahun 2019 itu, kegiatan bazar dilaksanakan di halaman sekolah SMA Negeri 1 Baitussalam, Rabu (04/12/).

Kegiatan itu dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar, diwakili Pengawas Pembina SMA, Syarifah Nurmasyitah.

Kepala SMA Negeri 1 Baitussalam, Marzuki SPd, kepada acehsiana.com, Kamis (05/11) mengatakan, para guru khususnya guru bidang studi Kewirausahaan dan siswa kelas X-XII telah mempersiapkan produk produk yang dibazarkan hari ini dari awal semester.

“Produk olahan yang dibazarkan adalah produk yang berbahan dasar ikan dan tiram. Bahan baku tersebut dipilih karena terdapat di sekitar sekolah dan lingkungan rumah peserta didik,” kata Marzuki.

Dikatakannya, produk yang diolah dari ikan, tiram berupa nugget dan abon. Produk unggulan ini hasil olahan guru dan siswa untuk memanfaatkan melimpahnya ikan dan tiram pada musim musim tertentu.

Marzuki menambahkan, ikan dan tiram yang tidak bisa disimpan lama menjadi masalah yang harus dipecahkan oleh nelayan sekitar untuk menyiasati bagaimana mengolah ikan dan tiram itu untuk bisa disimpan lama.

Sementara itu, pelaksana program Kewirausahaan di SMA Negeri 1 Baituusalam, Mukhlisah SPd, mengatakan, program ini untuk menciptakan jiwa wirausaha muda kepada peserta didik.

“Setelah tamat SMA, banyak siswa kami yang tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Dengan berbekal program ini kita berharap agar siswa bisa mempunyai ide kreatif dan inovatif sehingga bisa menjadi usaha sehingga menambah penghasilan terutama untuk dirinya sendiri dan keluarganya,” kata Mukhlisah.

Ia mengatakan, banyak sekali produk olahan lain selain nugget dan tiram yang diolah oleh para siswa yang berbahan baku ikan dan tiram. Jadi kami berharap siswa bisa menciptakan produk yang diminati pasar dan memiliki nilai jual, pungkas Mukhlisah.

Bazar yang mengangkat tema” Guru Menginspirasi, Siswa Berinovasi ini” turut dihadiri aparatur pemerintah setempat.

Setelah dilakukan pengguntingan pita, seluruh undangan mengunjungi stand- stand siswa yang berjumlah empat belas stand dan banyak pengunjung tertarik pada produk olahan nugget dan abon ini.

SMA Negeri 1 Baitussalam mengharapkan agar program ini bisa dilanjutkan lagi pada tahun berikutnya, sehingga bazar yang baru pertama kali diadakan dalam satu dekade terakhir ini akan terus berlanjut untuk beberapa tahun ke depan.

Editor : Baihaki

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article