Menu
Leading News For Education For Aceh

SMP N 9 Lhokseumawe Juara 1 S2C Bidang Matematika Serta Juara 1 dan 2 Bidang IPS

  • Bagikan
SMP N 9 Lhokseumawe Juara 1 S2C Bidang Matematika Serta Juara 1 dan 2 Bidang IPS

ACEHSIANA.COM, Jakarta – Pada tanggal 28 November 2023, SMP Science Competition (S2C) yang diadakan oleh sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe telah usai. Dalam kompetisi tersebut, SMP N 9 Lhokseumawe berhasil meraih juara 1 bidang matematika dan juara 1 dan 2 bidang IPS.

Program S2C ini merupakan program pengimbasan sekolah berprestasi yang diselenggarakan oleh sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe. Program ini diikuti oleh 5 sekolah SMP di kota Lhokseumawe, yaitu SMPN 7 Lhokseumawe, SMPN 9 Lhokseumawe, SMPN 11 Lhokseumawe, SMPN 13 dan SMPN 14 Lhokseumawe.

Program ini dimulai dengan pelatihan kepada guru pembimbing dari setiap sekolah terpilih. Pelatihan ini meliputi bidang Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI). OSN terdiri dari tiga bidang yaitu matematika, IPA dan IPS.

Pelatihan untuk guru pembimbing dilakukan selama tiga kali pertemuan, yaitu tanggal 17, 23 dan 24 Oktober 2023 yang difasilitasi dengan dosen dari berbagai kampus yang ada di Lhokseumawe.

Guru yang telah mengikuti pelatihan disiapkan menjadi tim pengajar untuk pelatihan siswa yang dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober s/d 21 November 2023, kegiatan ini dilaksanakan dua kali seminggu, setiap Senin & Selasa siang. Siswa yang mengikuti pelatihan merupakan siswa pilihan dari sekolah imbas, setiap sekolah mengirimkan 3 orang siswa setiap bidangnya, ditambah dengan 5 orang siswa dari sekolah Sukma bangsa sendiri, sehingga setiap bidang diikuti oleh 20 siswa.

Program ini dibuat untuk meningkatkan prestasi siswa(i) di lingkungan kota Lhokseumawe. Sebagai standar keberhasilan program tersebut ditutup dengan pengadaan lomba yang diberi nama SMP SCIENCE COMPETITION (S2C).

S2C diadakan pada tanggal 27 November 2023 dan pengumuman hasil kompetisi tersebut diumumkan di acara penutupan program pengimbasan sekolah berprestasi pada Selasa siang tanggal 28 November 2023 yang dihadiri oleh kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kota Lhokseumawe, kepala sekolah imbas, guru pembimbing dan seluruh siswa peserta lomba.

Pemenang S2C dari oleh peserta lomba dari berbagai sekolah, bidang MTk juara 1 diraih oleh Muhammad Lutfi dari SMPN 9 Lhokseumawe, disusul oleh juara 2 diraih oleh Potjut Malika Azalea dari sekolah Sukma Bangsa dan juara 3 diraih oleh Zikra ulkhalisa dari SMPN 7 Lhokseumawe. Sementara bidang IPS, Juara 1 diraih oleh Ni Kaisya Alya Namira dari SMPN 9 Lhokseumawe, disusul juara 2 diraih oleh Fonna Felisa yang juga berasal dar SMPN 9 Lhokseumawe dan juara 3 diraih oleh M. Hayza Razqa dari sekolah SMP Sukma Bangsa Lhokseumawe.

Khadijah, S.Pd.I, salah seorang guru pembimbing sekaligus Tim pengajar dari bidang MTK berharap agar program ini bisa berlanjut, sekolah-sekolah di lingkungan kota Lhokseumawe saling bersinergi untuk mencerdaskan anak bangsa. Menurut khadijah pencapaian ini dapat memotivasi minat belajar siswanya yang terletak di pinggiran kota Lhokseumawe, bahwa semua siswa memiliki kompetensi yang sama, tinggal mau atau tidak untuk mengasahnya. Begitu juga dengan pendamping bidang IPS Asrina. S.Pd, berharap ini terus berlanjut. Ujarnya.

Rizwan, S.Pd selaku kepala sekolah SMPN 9 Lhokseumawe ikut bangga atas prestasi yang diraih oleh siswa disekolah tersebut, lebih lanjut beliau mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada sekolah Sukma Bangsa sebagai pelaksana kegiatan ini. (*)

Editor: Darmawan

  • Bagikan
"zone name","placement name","placement id","code (direct link)" direct-link-575147,DirectLink_1,17796333,https://earlierindians.com/j9hc8f2u?key=0215f31837d1d1f6258a99206aaefbf3 direct-link-575147,DirectLink_2,19132374,https://earlierindians.com/n0znctu1?key=472816a51fea2a2e83dc52e72f60df5a