1.2 C
Munich
Kamis, Desember 1, 2022

SMAN 1 Simpang Mamplam Laksanakan PAS Berbasis Komputer

Must read

ACEHSIANA.COM, Bireuen – SMA Negeri 1 Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) berbasis komputer. PAS berbasis komputer merupakan yang perdana dilaksanakan di sekolah tersebut. PAS berbasis komputer berlangsung pada tanggal 5 – 13 Desember 2019.

Kepala SMAN 1 Simpang Mamplam, Rahmawati SPd menjelaskan bahwa PAS berbasis komputer digelar di sekolah tersebut setelah mereka dilatih melalui kanal Satu Guru Dua Evaluasi Digital (Sagudelta) Ikatan Guru Indonesia (IGI). Menurut Rahmawati, Founder Sagudelta, Khairuddin MPd langsung turun tangan guna melatih guru dan operator di sekolah tersebut. Hasilnya, lanjut Rahmawati, sekolah mereka melaksanakan PAS berbasis komputer secara perdana pasca dilatih di awal tahun ajaran yang lalu.

“Sebanyak 234 siswa kita mengikuti PAS berbasis komputer selama 7 hari dimana setiap hari berlangsung dalam 3 sesi. Prinsip PAS berbasis komputer dirancang sama dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Hal ini bertujuan untuk melatih kejujuran siswa dan juga membiasakan mereka dengan sistem ini sehingga tidak kewalahan saat mengikuti UNBK,” ujar Rahmawati.

Lebih lanjut Rahmawati menambahkan bahwa PAS berbasis komputer secara prinsip manajemen sangat efektif dan efisien. Menurutnya, sistem tersebut sangat memudahkan guru dimana guru tidak bersusah payah memeriksa setiap lembar jawaban siswa. Setiap selesai ujian, lanjutnya, nilai langsung terlihat.

Kepada tim acehsiana.com, Rahmawati mengaku bahwa program tersebut mendapat dukungan dari seluruh warga sekolah. Warga sekolah berharap agar sistem tersebut dipertahankan dan dapat berlangsung secara kontinu.

“Ide pelaksanaan PAS berbasis komputer ini merupakan kesepakatan kepala sekolah dengan bidang kurikulum. Harapan saya agar sistem ini terus berlanjut dan mampu meningkatkan kompetensi siswa. Selain itu saya berharap sekolah ini mampu bersaing dengan sekolah lain yang sudah lebih maju terutama kompetensi siswa,” pungkas Rahmawati. (*)

Kontributor: Hamdani

Editor: Darmawan

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article