Menu
Leading News For Education For Aceh

SMAN 1 Rikib Gaib Juara Umum OSN Kabupaten, Ini Kata Kacabdisdik Gayo Lues

  • Bagikan

ACEHSIANA.COM. Blangkejeren – Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) mengumumkan hasil prestasi gemilang dalam Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten/Kota (OSN-K) Jenjang SMA/MA Tahun 2024, serentak diselenggarakan di seluruh Indonesia dan luar negeri pada tanggal 25 hingga 27 Maret 2024.

OSN-K diikuti oleh total 239.781 peserta dari 8.836 satuan pendidikan di 489 kabupaten/kota, termasuk 39 provinsi dan SILN.

Dari hasil seleksi ketat, sebanyak 18.633 peserta berhasil melaju ke tingkat provinsi (OSN-P).

Kabupaten Gayo Lues, turut mengukir prestasi membanggakan dengan mengirimkan 20 utusan ke tingkat provinsi.

Di antara mereka, SMA Negeri 1 Rikit Gaib menonjol sebagai sekolah yang paling sukses meloloskan siswanya ke tingkat provinsi, dengan total 9 siswa berhasil melangkah ke Banda Aceh.

11 siswa lainnya berasal dari SMA Negeri Seribu Bukit 6 siswa , SMA Negeri 1 Blangjerango 2 siswa dan SMA Negeri 1 Blangkejeren, SMA Negeri 1 Terangun dan SMA Bunayya masing-masing lolos 1 siswa.

Kepala SMA Negeri 1 Rikit Gaib, Hayaddin Canto kepada media ini, Sabtu (20/4/2024) mentatakan, kebanggaannya atas prestasi gemilang ini.

“Alhamdulillah, prestasi OSK siswa SMA Negeri 1 Rikit Gaib tahun 2024 sangat membanggakan. Kita berhasil meraih 3 medali emas, 2 perak, 3 perunggu, dan 1 harapan. Bisa dibilang kita Juara Umum di Gayo Lues. Ini luar biasa,” ujar Hayaddin.

Katanya, daya juang siswa kita sangat tinggi, guru-guru bekerja keras melatih mereka, dan dukungan orang tua juga sangat bagus.

Hayaddin mengharapkan, mohon doanya agar kita bisa berhasil di tingkat provinsi. Untuk persiapan tingkat provinsi, kita akan terus melakukan latihan-latihan secara intensif.

Lebih lanjut disa.paikannya, prestasi di bidang OSK ini menjadi pelengkap dari beragam pencapaian sekolah, dimana sebelumnya SMA Negeri 1 Rikit Gaib telah meraih kesuksesan di tingkat Kabupaten dalam bidang seni dan olahraga.

“Semoga para utusan dari Gayo Lues mampu bersaing dengan baik di tingkat provinsi, mewakili tidak hanya sekolah mereka, tetapi juga daerah mereka dengan gemilang,” ucap Hayaddin.

Secara terpisah, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Gayo Lues, Basri mengucapkan, selamat kepada semua siswa yang lolos ke tingkat provinsi, serta apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak yang telah mendukung proses pendidikan dan pembinaan prestasi ini.

“Khusus bagi SMA Negeri 1 Rikib Gaib, walaupun sekolah ini jauh dari ibu kota kabupaten, namun siswanya mampu mengukir prestasi di OSN-K tahun ini, bahkan juara umum di tingkat Kabupaten Gayo Lues,” kata Basri.

Basri berharap agar kepala sekolah dan dewan guru membimbing siswanya yang lolos OSN ke tingkat provinsi supaya mereka nantinya bisa mengharumkan negeri seribu bukit di level Provinsi Aceh bahkan bisa melaju ke nasional. (*)

  • Bagikan