Menu
Leading News For Education For Aceh

SMAN 1 Peudawa Gencarkan Sosialisasi Sekolah Ramah Anak untuk Pencegahan Kekerasan

  • Bagikan
SMAN 1 Peudawa Gencarkan Sosialisasi Sekolah Ramah Anak untuk Pencegahan Kekerasan

ACEHSIANA.COM, Idi – Dalam upaya pencegahan dan penanganan kekerasan di lingkungan pendidikan, SMA Negeri 1 Peudawa Kabupaten Aceh Timur mengadakan sosialisasi tentang sekolah ramah anak pada hari Jumat, 23 Februari 2023. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari peraturan Mendikbudristek RI nomor 46 yang berfokus pada isu serupa.

Kepala SMA Negeri 1 Peudawa, Endang Sriwati SPd MSM, menyatakan bahwa sosialisasi ini penting untuk memastikan lingkungan yang aman dan mendukung bagi siswa. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Aceh Timur, yang memberikan pencerahan tentang pentingnya perlindungan anak dalam setiap aspek kehidupan.

Sahminan SKM MKes, Kepala DP3AP2KB, menekankan bahwa konstitusi Indonesia, UUD 1945, menjamin perlindungan bagi semua warga negara, termasuk anak-anak. “Anak-anak, yang jumlahnya mencapai sepertiga dari total penduduk, adalah generasi penerus bangsa yang akan melanjutkan pembangunan di masa depan,” ujar Sahminan.

Beliau juga menyampaikan keprihatinan atas masih banyaknya anak yang menjadi korban kekerasan, baik di rumah maupun di sekolah. Untuk mengatasi hal ini, Kabupaten Aceh Timur sedang mengembangkan inisiatif Kabupaten Layak Anak (KLA), yang didukung oleh peraturan Bupati Aceh Timur nomor 16 tahun 2020.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memenuhi, menjamin, dan melindungi hak anak, serta memastikan bahwa sekolah dapat menjadi tempat yang aman dan menyenangkan, bebas dari kekerasan. Diharapkan, dengan adanya sekolah ramah anak, akan terbentuk perilaku pendidik dan tenaga kependidikan yang berorientasi pada kepentingan anak, serta meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran dan pengambilan keputusan di sekolah.

SMA Negeri 1 Peudawa berkomitmen untuk menjadi pelopor dalam mewujudkan lingkungan pendidikan yang kondusif, mendukung pertumbuhan dan perkembangan siswa, serta mempersiapkan mereka untuk menjadi individu yang bertanggung jawab dan toleran dalam kehidupan bermasyarakat. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain dalam mewujudkan visi pendidikan yang inklusif dan aman bagi semua peserta didik. (*)

Kontributor: Baihaki

Editor: Darmawan

  • Bagikan
"zone name","placement name","placement id","code (direct link)" direct-link-575147,DirectLink_1,17796333,https://earlierindians.com/j9hc8f2u?key=0215f31837d1d1f6258a99206aaefbf3 direct-link-575147,DirectLink_2,19132374,https://earlierindians.com/n0znctu1?key=472816a51fea2a2e83dc52e72f60df5a