SMAN 1 Meureudu Laksanakan Ujian Semester Menggunakan Aplikasi Beesmart

0
20

 

ACEHSIANA.COM – MEUREUDU_ SMAN 1 Meureudu kembali laksanakan ujian semester kedua tahun pelajaran 2021/2022 dengan menggunakan aplikasi beesmart yang diikuti siswa kelas X dan XI. Sebelumnya proses evaluasi pembelajaran diikuti siswa kelas XII pada bulan Maret 2022 lalu.

Pelaksanaan ujian berbasis komputer bertujuan membiasakan para siswa menggunakan teknologi komputer sebagaimana visi pemerintah dengan tagline revolusi 4.0. Misi riil dari penggunaan komputer sekolah saat mengikuti ujian agar anak-anak nantinya terbiasa menjawab soal via layar komputer kala masuk perguruan tinggi.

“Ujian berbasis komputer juga memudahkan guru mengkalkulasi nilai siswa karena setelah para siswa mengklik selesai (ujian), perolehan nilai mereka langsung dapat dilihat bersama,” ujar Bu Husna, S.Pd., M.Pd. , Kepala SMAN 1 Meureudu.

Lebih lanjut, perempuan pertama yang menjabat sebagai kepala SMA di Pidie Jaya mengutarakan dengan menggunakan teknik evaluasi pembelajaran seperti ini siswa diharapkan mendapat suasana baru dalam ujian. Jika sebelumnya para siswa bisa melihat kiri-kanan saat ujian, dengan berbasis komputer hal tersebut akan mustahil terjadi.

“Dengan ujian berbasis komputer, anak-anak kita latih untuk jujur. Mereka tidak mungkin minta tolong teman di sebelah karena soal di layar komputer masing-masing berbeda. Sebab, soalnya diacak,” jelas Kepala Sekolah Penggerak tersebut.

Amatan Acehsiana.com, pelaksanaan ujian berbasis komputer berlangsung tertib. SMAN 1 Meureudu menyediakan tiga lab komputer dengan satu proktor dan satu pengawas ujian di tiap lab. Pelaksanaan ujian berbasis komputer tersebut dilaksanakan dalam 4 sesi per hari yang dibagi dua sesi dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 12.30 WIB dan sesi 4 dan 5 dari dari pukul 13.00 WIB sampai 17.30 WIB. Ujian semester dua tahun pelajaran 2021/2022 dijadwalkan dari tanggal 30 Mei 2022 sampai 13 Juni 2022. (EM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini