Menu
Leading News For Education For Aceh

SMAN 1 Bireuen Terapkan P5 SISWA Laksanakan Pesta Demokrasi Pemilihan Ketua OSIS Periode 2022-2023

  • Bagikan


Acehsiana.com – Bireuen – Pesta demokrasi dalam rangka pemilihan ketua OSIS berlangsung di SMA Negeri 1 Bireuen hari ini, Rabu, (5/10/2022).

Pemilihan ketua OSIS (Pilketos) berasaskan langsung, bebas, rahasia, jujur dan adil. Kegiatan Pilketos ini dilaksanakan sebagai bagian dari topik Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Suara Demokrasi dengan peserta proyek adalah siswa kelas X, XI dan XII. Antusiasme para siswa mengikuti rangkaian tahapan kegiatan ini terlihat dengan banyaknya siswa menunggu sampai hasil perhitungan suara selesai.

Sebelum memasuki puncak kegiatan hari ini, beberapa hari sebelumnya telah dilakukan beberapa kegiatan sebagai tahapan sebelum melaksanakan pemilihan ketua OSIS :

  1. Pemilihan ketua dan anggota Komisi Pemilihan OSIS (KPO)
  2. Pemutakhiran data pemilih dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT)
  3. Pendaftaran bakal calon ketua OSIS serta pengumpulan berkas
  4. Pemeriksaan dan verifikasi berkas bakal calon ketua OSIS
  5. Pengumuman bakal calon dan penetapan nomor urut bakal calon
  6. Penyampaian visi-misi bakal calon
  7. Penetapan calon ketua OSIS serta penetapan nomor urut calon
  8. Kampanye Tahap I : video kreatif di sosial media
  9. Kampanye Tahap II (kampanye terbuka)
  10. Debat kandidat
  11. Pemilihan dan perhitungan suara
  12. Pengumuman ketua OSIS terpilih periode 2022-2023
  13. Penyampaian aduan jika ada.

Dari beberapa tahapan yang telah dilaksanakan sebelumnya, diketahui bahwa ada tiga calon Ketua Osis yang ditetapkan :

No. Urut 1. An. Alfat Muhayat dari kelas XI IPA B,
No. Urut 2. An. Ufairah Azhari dari kelas X IPAS B,
No. Urut 3. An. Shahnaz Rizki Putri dari kelas XI-IPA-C.

Pembina Osis SMA Negeri 1 Bireuen Rizal Fuadi, S.Pd.I Proses regenerasi organisasi di sekolah merupakan momen penting dalam berorganisasi. Tujuannya adalah untuk melatih dan memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk belajar bagaimana menjadi seorang pemimpin sejak dibangku sekolah. Hal ini pula yang dilakukan oleh SMA Negeri 1 Bireuen saat menggelar pemilihan ketua OSIS (Pemilos) Periode 2022-2023.

Diikuti seluruh Warga sekolah, mulai dari Kepala Sekolah, Guru, Tenaga Administrasi dan Seluruh siswa-siswi Kelas X, XI dan XII, serta Petugas Jaga malam, Petugas kebersihan dan satpam turut menyumbangkan hak pilih mereka menentukan calon Ketua OSIS SMA Negeri 1 Bireuen untuk satu periode kedepan. layaknya Pemilu atau pilkada langsung, umum, bebas dan rahasia dengan disediakannya beberapa TPPS (Tempat Pemilihan Pemungutan Suara) diHalaman SMA Negeri 1 Bireuen. Pada Rabu (15/10/2022).

Kepala SMA Negeri 1 Bireuen, Zulfikri, S.Ag., M.M mengatakan, keberadaan OSIS di sekolah sangat penting peranannya. Oleh karena itu, dirinya berharap kepada pasangan calon ketua OSIS terpilih bisa membawa roda organisasi ini dengan baik sekaligus membawa nama baik sekolah.

Karena motor keberhasilan itu juga ada di pengurus OSIS. Kegiatan pemilihan ini juga sebagai bentuk implementasi belajar berdemokrasi. Selain itu pesta demokrasi ini merupakan sarana pembelajaran buat peserta didik di SMA Negeri 1 Bireuen untuk bekal nanti terjun dimasyarakat,” ujar Zulfikri, S.Ag., M.M.

Zulfikri juga berharap, Pemilu ini merupakan proses pembelajaran pendidikan politik atau demokrasi ini, “sehingga kelak nantinya mereka bisa menyalurkan aspirasinya dengan benar sesuai hati nuraninya dalam pemilu sesungguhnya,”

Saat berita ini diturunkan, Hasil Perhitungan Suara. Terpilih Ketua OSIS SMA Negeri 1 Bireuen periode 2022 – 2023 telah resmi terpilih calon ketua Osis SMA negeri 1 Bireuen kandidat urutan pertama An. Al fhat Muhayat dengan perolehan suara terbanyak 818. Urutan kedua An. Shahnaz Rizki Putri dengan jumlah 90 suara dan urutan 3 Ufairah Azhari dengan memperoleh 35 suara. Total suara yang masuk sebanyak 955. Suara sah sebanyak 943 dan 12 suara dinyatakan tidak sah, dan yang tidak memilih 140 orang. Dari total DPT 1107 orang, demikian

“Saya mewakili panitia yang bertugas pada pemilihan ketua OSIS periode 2022/2023 mengucapkan selamat kepada Al fhat muhayat telah resmi terpilih menjadi ketua umum OSIS periode 2022/2023 beserta para jajarannya. Besar harapan kami kepada seluruh pengurus OSIS periode selanjutnya agar dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan juga totalitas dalam mengemban jabatan, dan juga kami harap para pengurus OSIS agar dapat memberikan contoh yang baik kepada siswa yang lain, dan bisa membangun SMA Negeri 1 Bireuen yang lebih baik dari sebelumnya”. Tambah M. Daffa Alhafiz, ketua umum OSIS periode 2021/2022 selaku ketua panitia pelaksana kegiatan pemilihan ketua OSIS.

kontributor, guru SMAN 1 Bireuen Dedi

  • Bagikan