2 C
Munich
Jumat, Desember 2, 2022

SMAN 1 Bireuen Juara II Lomba Pustaka se-Aceh

Must read

ACEHSIANA.COM, Banda Aceh – SMAN 1 Bireuen meraih juara II Lomba Pustaka se-Aceh. Kepastian tersebut diperoleh berdasarkan pengumuman yang dikeluarkan pihak penyelenggara lomba dalam rangkaian Hari Kunjung Perpustakaan pada Rabu (27/11) di AAC Dayan Dawood, Banda Aceh.

Kepala SMAN 1 Bireuen, Hamdani MPd mengucapkan rasa syukur atas prestasi yang diraih sekolah yang dipimpinnya. Hamdani berharap mereka dapat meraih juara I pada ajang sama tahun depan.

Asisten III Setda Aceh, Bukhari MM dalam sambutannya menjelaskan bahwa Pemerintah Aceh terus merangsang minat baca masyarakat dengan meningkatkan kualitas sarana dan prasarana perpustakaan. Bukhari menambahkan bahwa salah satu sarana yang dibangun pemerintah adalah gedung perpustakaan induk di Banda Aceh. Keberadaan gedung itu, lanjut Bukhari, diharapkan dapat meningkatkan kegemaran membaca dan dijadikan daya tarik untuk menyalurkan hobi membaca.

“Membaca harus diakui dapat melahirkan sumber daya manusia yang cerdas dan kreatif. Membaca dapat meningkatkan wawasan dan kecerdasan. Kedua hal ini juga menjadi cara mengentaskan kemiskinan,” terang Bukhari.

Lebih lanjut Bukhari mengaskan bahwa hobi membaca harus ditumbuhkembangkan dalam masyarakat. Jika tidak, katanya, pembangunan gedung dan akses perpustakaan tak ada artinya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Ruslan Abdul Gani, mengatakan banyak yang harus dibenahi agar masyarakat Aceh gemar berkunjung ke pustaka dan giat membaca.  Ruslan menambahkan bahwa Dinas yang dpimpinnya berusaha membuat terobosan untuk menjawab tantangan masih rendahnya minat baca tersebut. Terobosan tersebut diantaranya, jelas Ruslan, membuat pengadaan buku bagi masyarakat, sekolah hingga ke perpustakaan gampong.

“Kita juga melakukan pembinaan pada lembaga pustaka hingga sumber daya di bidang perpustakaan meningkat. Selain itu kita juga telah membangun 16 perpustakaan di daerah untuk meningkatkan minat baca sehingga bisa hadir di tengah masyarakat,” ungkap Ruslan.

Ruslan menyatakan bahwa pihaknya menghadirkan motivator nasional kapten SAR dan praktisi Pendidikan Aceh, Dyah Erti Idawati. Pihaknya, lanjut Ruslan, meminta para motivator untuk membahas pola peningkatan minat baca masyarakat khususnya di kalangan pelajar dan mahasiswa.

Adapun juara Lomba Pustaka SMA se-Aceh adalah juara I diraih SMA Sukma Bangsa Pidie, juara II jatuh pada SMAN 1 Bireuen, juara III diperoleh SMAN 8 Takengon Unggul, juara IV diraih MAN Abdya, juara V SMA Negeri 1 Gunung Meriah Aceh Singkil dan juara VI SMA Negeri 5 Lhokseumawe. Sementara Perpustakaan Gampong terbaik se Aceh diraih Gampong Cot Tarom Baroh Bireuen sebagai juara I, Cot Seumereng Aceh Barat sebagai juara II, Jagong Jeget Aceh Tengah sebagai juara III, Keude Panga Aceh Jaya sebagai juara IV, Suak Gampong Aceh Barat Daya sebagai juara V, dan Blang Sapek Nagan Raya sebagai juara VI.

Sementara itu Pustakawan terbaik se Aceh adalah Mariaton, Dwi Maulidayani, Dwi Maksunah, Fatimah, Susanna Dewi dan Nurul Fajri. Sementara Raja dan Ratu Baca Terbaik se Aceh adalah diraih Muhammad Raziq Aulia, Amirah Ulfah, Saiful Anwar, Putri Balqis, Sukses Abadi W dan Ulfiatur Rahmah. Pada kesempatan yang sama, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan memberikan penghargaan bagi Sinna Rasyadia, juara 1 Lomba Bercerita Tingkat Nasional kategori siswa SD/MI tahun 2019. (*)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article