Menu
Leading News For Education For Aceh

SMA Sabang Raih Akreditasi 100 Persen A, Ukir Prestasi Tingkat Nasional dan Internasional

  • Bagikan

ACEHSIANA.COM. SABANG – Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BANSM) telah mengumumumkan akreditasi sekolah/madrasah se-Indonesia pada bulan Desember 2023.

Dari pengumuman yang dikeluarkan oleh BANSM itu, menempatkan Kota Sabang Provinsi Aceh salah satu daerah yang memperoleh akreditasi A jenjang SMA.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Wilayah Sabang, Dr Mohd Iqbal MSi kepada media ini, Minggu (24/12/2023) di Banda Aceh.

Iqbal menjelaskan, beberapa hari lalu dirinya menerima rilis yang dikirim melalui e-mail dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Masrasah (BANSM) perihal pengumuman hasil akreditasi sekolah/madrasah yang ada di Indonesia.

“Alhamdulillah Kota Sabang menempatkan jenjang SMA keseluruhan memperoleh akreditasi A,” kata Iqbal.

Dikatakannya, SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Sabang sudah duluan memperoleh akreditasi A, sementara SMA Swasta Islam Al Mujaddid baru saja memperoleh akreditasi A.

“Keberhasilan memperoleh akreditasi A itu bukanlah semudah membalikkan telapak tangan, namun
banyak hal yang dinilai oleh tim akreditasi,” ungkap Iqbal.

Keberhasilan akreditasi A ini ujarnya, sudah mensejajarkan Kota Sabang dengan sekolah lainnya yang ada di Provinsi Aceh khususnya sekolah yang ada di ibu kota provinsi.

Iqbal menuturkan, Sabang memang disebut kota, namun wilayahnya berada di daerah kepulauan yang dinamakan daerah terluar.

Iqbal menyampaikan, banyak prestasi siswa jenjang menengah dari Kota Sabng yang pernah diraih, baik di tingkat provinsi, nasional bahkan internasional.

Dia menyebutkan, sudah banyak lulusan dari SMA dan SMK Kota Sabang yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) baik di Aceh maupun diluar Aceh, bahkan ada yang lulus di fakuktas favorit seperti Fakultas Kedokteran.

Kemudian katanya, ada beberapa orang siswa dari Kota Sabang yang lulus di sekokah ikatan dinas dan sekolah kemaritiman di Pulau Jawa.

“Baru-baru ini siswa SMA Negeri 2 Sabang atas nama Yunus Mutawally mengukir prestasi yang membanggakan Aceh di tingkat nasional yakni, masuk lima besar lomba da’i yang diselenggaran oleh Maskar Besar (Mabes) POLRI (Kepolisian Negara Republik Indonesia),” sebut Iqbal.

Ditambahkannya, prestasi yang diraih di level internasional, ada salah seorang alumni SMA Negeri 1 Sabang atas nama Sandro Lubis, yang kuliah di salah perguruan tinggi di Jerman, lalu diterima bekerja di perpustakaan ternama di Washington DC, Amerika Serikat.

Capaian ini kata dia, tentu tidak terlepas dari kerja keras kepala sekolah, dewan guru, tenaga kependidikan, pengawas sekolah, komite, orang tua siswa, dan semua stakeholder yang ada di Kota Sabang.

“Terima kasih saya ucapkan kepada Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki dan Kadisdik Aceh, Drs Alhudri MM yang selama ini memberikan bimbingan, arahan serta motivasi untuk kemajuan pendidikan di Kota Sabang,” ucap Iqbal. (*)

  • Bagikan
"zone name","placement name","placement id","code (direct link)" direct-link-575147,DirectLink_1,17796333,https://earlierindians.com/j9hc8f2u?key=0215f31837d1d1f6258a99206aaefbf3 direct-link-575147,DirectLink_2,19132374,https://earlierindians.com/n0znctu1?key=472816a51fea2a2e83dc52e72f60df5a