Menu
Leading News For Education For Aceh

SMA Fatih Bilingual Melakukan Studi Lapangan di ARC-PUIPT Nilam USK

  • Bagikan

Acehsiana.com – Sebanyak 26 siswi SMA kelas 11 Sekolah Fatih Bilingual tingkat SMA melakukan studi lapangan yang mereka namakan Career Field Trip dalam rangkaian kegiatan Career Planing Day, Rabu, 8 Pebruari 2022. Para siswa didampingi oleh 3 orang guru Ina Hayatun Niza, Sri Risky dan Yumelda.

Kunjungan siswi dan guru SMA Fatih disambut oleh Kepala ARC Dr. Syaifullah Muhammad beserta sejumlah pengurus. Selain itu para siswa juga didampingi oleh CEO PT. Biona Ceudah Rupa Adinda Gusti Vonna dan Sejumlah instruktur Koperasi Inovac, Nisa dan Nanda.

Kepala ARC-USK Syaifullah Muhammad memaparkan pembekalan pengetahuan atsiri kepada siswa dan guru dengan Judul _Knowledge Based Innovation, Nilam from University to International Market._ Dijelaskan bahwa sejak berdiri pada 8 Desember 2016, ARC telah melakukan berbagai inovasi hulu-hilir dari nilam Aceh sehingga berkembang berbagai produk inovasi turunan nilam yang bernilai ekonomi tinggi.
ARC juga telah menjalin kerjasama lokal, nasional dan internasional dalam mengembangkan ekosistem baru dari tata niaga minyak nilam Aceh. Berbagai pelatihan telah dilakukan sehingga terjadi transfer iptek kepada masyarakat yang berdampak pada pengembangan usaha baru berbasis nilam di Aceh.

“Kita berharap Sekolah Fatih dapat mengembangkan kelompok riset dan inovasi siswa sehingga sekolah memiliki produk inovasi yang bernilai ekonomi” ujar Syaifullah

“ARC dapat menjadi mitra dari sekolah Fatih dalam peningkatan kemampuan siswa dan guru melalui kuliah tamu, pelatihan dan magang praktek khususnya dalam peningkatan skills serta pengembangan riset dan inovasi atsiri” tutup Syaifullah.

Sementara itu guru pendamping Ina Hayatun Niza menyampaikan terima kasih kepada ARC yang telah menerima kunjungan siswi-siswi SMA Fatih. Ina berharap aka nada kerjasama lanjutan dengan ARC sehingga Sekolah Fatih bisa lebih berkembang khususnya di bidang riset dan inovasi.

“Atas nama Sekolah Fatih dan siswi yang berkunjung hari ini, kami mengucapkan terima kasih kepada ARC-USK. Semoga akan ada kerjasama lanjutan dengan ARC” urai Ina.

“Kegiatan hari ini merupakan rangkaian dari program Career Planing Day. Dimana para siswi belajar sejak dini untuk mendapatkan penfalaman dari dunia kerja dan industri” pungkas Ina.

Setelah sesi kuliah umum, siswi-siswi Sekolah Fatih melihat berbagai fasilitas produksi yang ada di ARC seperti mesin penyulingan nilam, mesin purifikasi nilam serta berbagai mesin dan fasilitas produksi yang terdapat dalam rumah produksi dengan standar BPOM.

  • Bagikan