Menu
Leading News For Education For Aceh

Siswa SMKN 1 Al Mubarkeya Siap Hadapi Dunia Kerja

  • Bagikan
Siswa SMKN 1 Al Mubarkeya Siap Hadapi Dunia Kerja

ACEHSIANA.COM, Banda Aceh – Sebanyak 608 siswa kelas XII SMKN 1 Al Mubarkeya Ingin Jaya, Aceh Besar, mengikuti kegiatan Bimbingan Karir yang diselenggarakan oleh sekolah mereka pada hari Sabtu, 20 Januari 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan pemahaman kepada siswa yang akan segera lulus sekolah dan memasuki dunia kerja.

Kepala SMKN 1 Al Mubarkeya, Sukmanil Fuadi, S.Ag., M.Pd, mengatakan bahwa bimbingan karir ini merupakan salah satu upaya sekolah untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan wawasan yang diperlukan dalam memilih karir yang sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan mereka. “Kami berharap melalui bimbingan karir ini, siswa dapat memiliki pandangan yang lebih jelas terkait pilihan karir mereka dan dapat mengambil langkah yang tepat untuk masa depan yang cerah,” ujarnya.

Para pemateri pada kegiatan ini adalah guru bimbingan konseling yang berpengalaman dari SMKN 1 Al Mubarkeya. Mereka adalah AZ Mawaddah, M.Ed, Ahmad Virza, S.Pd, dan Wulan Handayani, S.Pd. Mereka berbagi pengalaman serta informasi terkini mengenai berbagai jalur karir yang dapat diambil oleh siswa, seperti teknik, pertanian, perhotelan, pariwisata, kesehatan, dan lain-lain. Mereka juga memberikan tips dan trik dalam menghadapi tes masuk perguruan tinggi, wawancara kerja, dan adaptasi di lingkungan kerja.

Peserta utama kegiatan ini adalah siswa kelas XII yang akan segera melewati masa kelulusan pada tahun 2024. Mereka diajak untuk aktif bertanya dan berdiskusi agar dapat memahami lebih dalam mengenai berbagai peluang dan tantangan di dunia kerja. Mereka juga diberikan kesempatan untuk mengisi kuesioner tentang minat dan bakat mereka, serta melakukan simulasi tes psikotes dan wawancara kerja.

Semangat kebersamaan dan antusiasme terpancar dari wajah para siswa yang ikut serta dalam kegiatan bimbingan karir ini. Mereka mengaku mendapatkan banyak manfaat dan ilmu dari kegiatan ini. Mereka juga berharap bahwa melalui pemahaman yang lebih baik, mereka dapat membuat keputusan yang bijak dalam menentukan langkah awal menuju karir yang diinginkan. (*)

Editor: Darmawan

  • Bagikan