Menu
Leading News For Education For Aceh

Serangan Rudal dan Drone Hantam Tiga Pangkalan Militer AS di Irak dan Suriah

  • Bagikan
Serangan Rudal dan Drone Hantam Tiga Pangkalan Militer AS di Irak dan Suriah

ACEHSIANA.COM – Koalisi Milisi Perlawanan Islam di Irak, sebuah kelompok perlawanan yang didukung Iran, mengumumkan bahwa mereka telah menyerang tiga pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di Irak dan Suriah dengan menggunakan rudal dan drone pada Minggu malam, 14 Januari 2024.

Tiga pangkalan yang menjadi sasaran serangan adalah pangkalan Kharab al-Jir di Suriah, yang merupakan pusat operasi intelijen AS, pangkalan AS di ladang minyak Conoco di Suriah timur, dan pangkalan AS di bandara Erbil di wilayah Kurdistan Irak.

Serangan ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas terhadap perlawanan Palestina di Gaza yang menghadapi agresi militer Israel, serta sebagai bentuk penolakan terhadap kehadiran pasukan AS di Irak dan Suriah.

Koalisi Milisi Perlawanan Islam di Irak mengatakan bahwa mereka akan terus menghancurkan benteng-benteng musuh dan mempercepat penarikan pasukan AS dari Irak.

Sementara itu, AS mengaku bahwa serangan tersebut tidak menimbulkan korban jiwa atau cedera di pihaknya, tetapi mengakibatkan kerusakan materiil. AS juga mengecam serangan tersebut sebagai “serangan teroris” dan menyalahkan Iran sebagai dalang di baliknya.

AS juga menanggapi serangan tersebut dengan melakukan beberapa serangan udara di Irak dan Suriah, yang menargetkan posisi-posisi yang diduga digunakan oleh Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC) dan sekutu-sekutunya.

Serangan-serangan ini telah menimbulkan ketegangan yang meningkat di kawasan tersebut, dan memicu kekhawatiran akan terjadinya konflik militer yang lebih besar antara AS dan Iran serta sekutu-sekutunya. (*)

Editor: Darmawan

  • Bagikan