Menu
Leading News For Education For Aceh

Rektor USK Apresiasi Prestasi Alumni Australia di Aceh

  • Bagikan
Rektor USK Apresiasi Prestasi Alumni Australia di Aceh

ACEHSIANA.COM, Banda Aceh – Rektor Universitas Syiah Kuala (USK), Prof Dr Marwan, memberikan apresiasi kepada para-alumni Australia di Aceh yang telah berprestasi di bidang pendidikan, sosial, wirausaha, dan mitra. Penghargaan tersebut diberikan dalam acara Aceh Australian Alumni (AAA) Awards 2023 yang digelar di Aula TDRMC USK, Sabtu (27/1).

Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 100 alumni yang pernah kuliah atau belajar di Australia, baik melalui program beasiswa maupun swasta. Acara ini merupakan agenda tahunan AAA, sebuah organisasi yang beranggotakan alumni Australia di Aceh, yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan sinergitas sesama alumni, serta memberikan kontribusi bagi pembangunan Aceh.

Rektor USK, yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Penasehat AAA, menyampaikan bahwa AAA adalah organisasi yang strategis dan potensial untuk memajukan pendidikan di Aceh. Ia mengatakan bahwa para alumni Australia memiliki kualitas dan kapasitas yang tinggi, serta pengalaman dan jaringan yang luas, yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas SDM dan institusi pendidikan di Aceh.

“Kami bangga dengan prestasi dan kontribusi para alumni Australia di Aceh. Mereka telah membuktikan bahwa mereka mampu bersaing dan berinovasi di berbagai bidang. Kami berharap AAA dapat terus berkembang dan berkolaborasi dengan USK dan pihak-pihak lain untuk memperkuat ekosistem pendidikan di Aceh,” ujar Marwan.

Ketua AAA, Dr Dyah Erti Idawati, dalam laporannya menyampaikan bahwa AAA telah melaksanakan berbagai kegiatan rutin dan strategis sepanjang tahun 2023, di antaranya adalah saweu gampong di Saree, bakti sosial, sosialisasi kuliah Australia, dan AAA Awards. Ia mengatakan bahwa kegiatan-kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan dampak AAA dalam masyarakat, serta menjadi pemantik bagi para alumni untuk menjalankan program-program yang telah diprogramkan.

“AAA adalah organisasi yang dinamis dan responsif terhadap kebutuhan dan tantangan masyarakat Aceh. Kami berusaha untuk memberikan manfaat bagi anggota dan masyarakat melalui berbagai program yang relevan dan bermutu. Kami juga berkomitmen untuk menjaga hubungan baik dengan pemerintah Australia, khususnya Kedutaan Besar Australia di Jakarta, yang telah memberikan dukungan dan fasilitasi bagi AAA,” kata Dyah.

Sekretaris AAA, Dr Iskandar Abdul Samad, memaparkan bahwa AAA telah menyusun program-program yang akan dijalankan pada tahun 2024, yang meliputi bidang pendidikan, sosial, wirausaha, mitra, dan diaspora. Ia mengatakan bahwa program-program tersebut dirancang untuk mengembangkan potensi dan keunggulan para alumni, serta memberikan solusi dan inspirasi bagi masyarakat Aceh.

“Salah satu program unggulan kami adalah AAA Awards, yang merupakan penghargaan tahunan yang diberikan kepada anggota AAA yang telah mencapai prestasi luar biasa dalam bidangnya. AAA Awards ini juga dapat menjadi sumber motivasi bagi para alumni untuk terus mengejar keunggulan dalam bidang keahliannya,” kata Iskandar.

Dalam acara tersebut, AAA memberikan penghargaan kepada enam alumni dan satu mitra, yang terpilih dari 21 nominasi yang telah di-vote oleh lebih dari 2.500 pemilih melalui polling online. Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan penilaian juri yang terdiri dari para akademisi dan praktisi yang berkompeten di bidangnya.

Kategori penghargaan profesional pendidikan nominasinya, Prof Dr Sugianto, Dr Anwar MEd, Rizal MTESOL, Refanja R MApp Ling, dan Muhajir MBus. Penerima penghargaan profesional pendidikan adalah Prof Sugianto.

Kemudian kategori penghargaan dampak sosial, nominasinya Rizanna Rosemary PhD, Erlina Marlina, Cut Desyana MMar St, Prof Dr Zulfadli, dan TM Hairunis MPPM. Penerima penghargaan dampak sosial, Rizanna Rosemary PhD.

Sedangkan kategori penghargaan wirausaha nominasinya, Nurul Qalbi MIE, Zulfinar MEd St, Rosalia MSc, Edward, Ns Nani Safuni, dan Cut Afrianandra M Bus. Penerima penghargaan wirausaha adalah Ns Nani Safuni.

Selanjutnya kategori mitra, nominasinya Warung Bang Is Saree, Warkop Olenka, Bakso Isaura Banda Aceh, dan SMKN PP Saree Kabupaten Aceh Besar. Penghargaan kategori mitra adalah SMKN PP Saree Kabupaten Aceh Besar.

Selanjutnya kategori mitra, Warung Bang Is Saree, Warkop Olenka, Bakso Isaura Banda Aceh, dan SMKN PP Saree Kabupaten Aceh Besar. (*)

Kontributor: Baihaki

Editor: Darmawan

  • Bagikan
"zone name","placement name","placement id","code (direct link)" direct-link-575147,DirectLink_1,17796333,https://earlierindians.com/j9hc8f2u?key=0215f31837d1d1f6258a99206aaefbf3 direct-link-575147,DirectLink_2,19132374,https://earlierindians.com/n0znctu1?key=472816a51fea2a2e83dc52e72f60df5a