Menu
Leading News For Education For Aceh

Rapat Kerja Pengawas Sekolah Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar Tahun Ajaran 2024/2025

  • Bagikan

ACEHSIANA.COM. Banda Aceh – Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar Syarwan Joni SPd MPd, membuka rapat kerja pengawas sekolah dalam wilayahnya yang dilaksanakan mulai tanggal 16 s. d 17 Januari 2024.

Kegiatan itu dilaksanakan di aula Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar dan dihadiri seluruh Pengawas Sekolah. Dalam arahannya, Kacabdin menyampaikan agar kolaborasi antara Pengawas Sekolah dengan Kepala sekolah dan warga sekolah binaan dapat berjalan harmonis.

Disamping itu berdasarkan Peraturan Dirjen (Perdirjen) GTK Kemdikbudristek Nomor 4831/B/HK.03.01/2023 bahwa Pengawas Sekolah juga berperan Dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Pada Satuan Pendidikan diantaranya; memberikan pendampingan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada satuan Pendidikan, Mewujudkan lingkungan belajar yang aman, nyaman dan inklusif, membangun budaya refleksi dalam pengembangan warga satuan Pendidikan serta meningkatkan proses dan hasil belajar peserta didik. Tentunya hal ini akan terwujud jika kolaborasi pengawas, kepala sekolah dan warga sekolah berjalan dengan baik.

Adapun sosialisasi materi peran Pengawas Sekolah sebagai pendamping yaitu: 1) Pemetaan, 2) Perencanaan, 3) Pelaksanaan dan 4) Pelaporan disampaikan oleh dua Narasumber dari unsur internal pengawas yaitu Jhon Abdi perwakilan dari pengawas Kota Banda Aceh dan Syarifah Nurmasyithah sebagai perwakilan dari pengawas kabupaten Aceh Besar.

Berikutnya Pembiayaan kegiatan ini sepenuhnya di tanggung oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.
Dalam kesempatan tersebut juga juga dilaksanakan serah terima sekolah binaan kepada Pengawas sekolah untuk Banda Aceh sejumlah 45 sekolah SMA, SMK dan SLB kepada 12 Pengawas sekolah, sementara untuk Aceh besar sejumlah 59 sekolah SMA, SMK dan SLB kepada 15 Pengawas sekolah. Selanjutnya dalam acara penutupan ini turut hadir semua kepala sekolah yang di undang.

Lebih lanjut Kacabdin juga memberikan penguatan kepada semua kepala sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan pada satuan pendidikan masing-masing dalam wilayah Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar secara Khusus dan Provinsi Aceh Secara Umumnya.

Keberhasilan satuan Pendidikan sangat tergantung pada kepala sekolah dalam menjalankan tugas dan fungsinya Sebagai Manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan secara umum 90% keberhasilan sekolah bergatung pada kepala sekolah dan guru, sisanya adalah ketersediaan sarana dan prasarana sekolah, Maka disini dibutuhkan kepemimpinan yang Tangguh, komitmen, visioner, kreatif, dan inovatif begitu juga dengan dewan gurunya. Tutupnya. (*)

  • Bagikan
"zone name","placement name","placement id","code (direct link)" direct-link-575147,DirectLink_1,17796333,https://earlierindians.com/j9hc8f2u?key=0215f31837d1d1f6258a99206aaefbf3 direct-link-575147,DirectLink_2,19132374,https://earlierindians.com/n0znctu1?key=472816a51fea2a2e83dc52e72f60df5a