Menu
Leading News For Education For Aceh

Pusat Riset Promosikan Platform Getmath pada International Expo USK di Jakarta

  • Bagikan

Acehsiana.com – Jakarta – Dalam rangka World Class University (WCU), Universitas Syiah Kuala melaksanakan international Expo and Gathering World Class University di Hotel Artotel Gelora Senayan Jakarta tanggal 13 Mai 3024. Rangkaian kegiatan terdiri dari Employer Meeting, Alumni Meeting, Business Meeting, dan Expo Produk Inovasi, ujar Dr. Ir. Saifullah Muhammad, M. Eng sebagai Ketua Panitia.

Pusat Riset Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PRP-PMRI) USK menampilkan produk unggulan yaitu Platform Get Math, https://getmath.id dan juga buku.

Tamu yang berkunjung ke stand PRP-PMRI mendapatkan penjelasan tentang platform yang dibuat sejak tahun 2019. Tujuan platform ini untuk memfasilitasi siswa belajar matematika berbantuan teknologi melalui masalah yang real bagi siswa serta menemukan matematika melalui proses matematikasi horizontal dan vertikal.

Diharapkan matematika bukan hanya sekedar hafalan rumus dan prosedur sehingga siswa senang belajar matematika, ujar Prof. Dr. Rahmah Johar, M. Pd sebagai kepala PRP-PMRI sekaligus penjaga stand.

“Para pengunjung memberikan apresiasi terhadap platform get math dan menyepakati akan melanjutkan kerjasama untuk menggunakan platform tersebut” , tambah Rahmah

Berdasarkan kunjungan ke PRP-PMRI, Perwakilan DAAD, Dr. Guido Schneider menyampaikan akan mengikutsertakan Get Math dalam pameran di bidang pendidikan. Bapak Oscar (dari ESRO Food Group), alumni USK, menyarankan agar platform Get Math dijadikan sebagai produk unggulan di bawah FKIP melalui pusat bimbingan belajar bagi siswa.

Dr. Anas M Adam sebagai wakil Majelis Pendidikan Aceh (MPA) mendukung program FKIP terkait pusat pelatihan guru dan bimbingan belajar bagi siswa dengan memanfaatkan GetMath. Pimpinan FKIP USK yang diwakili oleh Wakil Dekan III menyampaikan bahwa FKIP aka meninjau kembali pembentukan Unit isis tentang Pusat pelatihan guru dan sekaligus pusat bimbingan belajar siswa bekerja sama dengan MPA.

Lebih lanjut Wakil Rektor I da Ketua LPPM USK mendukung pengembangan isis di bidag pendidikan dengan memanfaatkan produk riset dosen bersama mahasiswa.

Untuk mempromosikan Get Math, Ibu Dr. Sulastri sebagai wakil LPPM di bidang Pengabdian kepada Masyarakat dan sekaligus anggota PRP-PMRI USK menemani para alumni USK dan tamu lainnya berkunjung ke stand PRP-PMRI dan menawarkan kerja sama dengan PRP-PMRI.
Melalui pembicaraan di sela-sela jam istirahat, Pimpinan Universitas, yaitu WR 1 dan Ketua LPPM USK mengharapkan PRP-PMRI sebagai penggerak di FKIP USK untuk membuka layanan kepada masyarakat di bidang pendidikan melalui Pusat pelatihan Guru dan pusat bimbingan belajar bagi siswa, ujar Prof Mudasir, M. Si

Peserta expo antara lain adalah, pameran produk (seperti parfum, serum anti aging, skin moisturizer, facial wash, toner, body serum, body mist, body butter, body wash, medicated oil dan berbagai produk nilam lainnya, Yagi, Socolatte, ⁠Gula Aren, Capli, Bilie droe, Ija Kroeng, ⁠Lulala Beats), Pusat Riset (Matematika Realistik, PR-KP, TDMRC), dan informasi beasiswa (Jerman dan Australia), ujar Apt. Nadia Isnaini, S.Farm., M.Sc, selaku Ketua bidang Expo. “Peserta yang sebagian besar alumni USK dan employer (pengguna alumni) tidak menyangka bahwa produk USK sudah masuk pasar dunia terutama nilam dan pusat riset di USK juga sudah berkembang”.

Secara keseluruhan kegiatan ini dihadiri oleh Kedutaan Australia di Jakarta, DAAD Jerman serta sejumlah undangan seperti Pangdam Jaya Mayjen TNI Muhammad Hasan, Mantan Mentri BPN Sofyan Djalil, Mantan Menteri BUMN Mustafa Abu Bakar, Tarmizi Karim, Surya Dharma Ali, Farhan Hamid, Illiza Sa’adudin Djamal, Direktur Bisnis berbagai PTNBH, employer (pengguna alumni), alumni USK, dan ratusan tamu lainnya, ujar Prof. Dr. Muksin Umar sebagai Ketua WCU USK.

  • Bagikan