Menu
Leading News For Education For Aceh

Pj Bupati Aceh Selatan Luncurkan Program Bantuan Pangan

  • Bagikan
Pemkab Aceh Selatan Salurkan Bantuan Pangan Beras untuk 24.601 Keluarga

ACEHSIANA.COM, Tapaktuan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan meluncurkan program bantuan pangan beras untuk mengendalikan gejolak harga dan inflasi di kabupaten tersebut. Program ini merupakan bagian dari penyelenggaraan cadangan pangan pemerintah yang diatur dalam Peraturan Presiden RI Nomor 125 Tahun 2022.

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma mengatakan program bantuan pangan tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat penerima manfaat dalam memenuhi kebutuhan pangan, khususnya beras, yang merupakan kebutuhan dasar dan utama bagi manusia.

“Pangan harus senantiasa tersedia secara cukup, aman, bergizi, beragam dan terjangkau. Dengan adanya program ini, kami berharap dapat mengurangi beban pengeluaran masyarakat, mengentaskan kemiskinan, menangani kerawanan pangan, menanggulangi kekurangan pangan dan gizi, menurunkan stunting, mengendalikan gejolak harga pangan dan inflasi, serta melindungi produsen dan konsumen,” ujar Cut Syazalisma di Aceh Selatan, Kamis (25/1).

Cut Syazalisma menjelaskan bahwa program bantuan pangan tersebut menggunakan beras cadangan pangan pemerintah yang disalurkan kepada masyarakat secara bertahap. Penerima bantuan pangan dari beras cadangan pangan pemerintah di Kabupaten Aceh Selatan sebanyak 24.601 keluarga yang tersebar di 18 kecamatan.

“Kami telah menetapkan kriteria dan mekanisme penyaluran bantuan pangan ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kami juga melakukan koordinasi dengan pihak terkait, seperti Badan Pangan Nasional, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Sosial, dan pihak kecamatan dan desa, untuk memastikan penyaluran bantuan pangan ini berjalan lancar dan tepat sasaran,” kata Cut Syazalisma.

Cut Syazalisma menambahkan bahwa program bantuan pangan tersebut juga merupakan upaya pemerintah dalam mengantisipasi inflasi di Kabupaten Aceh Selatan, yang dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti cuaca, permintaan, pasokan, dan kebijakan.

“Kami berharap dengan adanya program ini, dapat membantu menstabilkan harga pangan, khususnya beras, di Kabupaten Aceh Selatan. Program ini juga merupakan bagian dari program nasional yang digagas oleh Badan Pangan Nasional, yang bertujuan untuk menjaga ketahanan pangan nasional dan mewujudkan kedaulatan pangan Indonesia,” tutur Cut Syazalisma. (*)

  • Bagikan
"zone name","placement name","placement id","code (direct link)" direct-link-575147,DirectLink_1,17796333,https://earlierindians.com/j9hc8f2u?key=0215f31837d1d1f6258a99206aaefbf3 direct-link-575147,DirectLink_2,19132374,https://earlierindians.com/n0znctu1?key=472816a51fea2a2e83dc52e72f60df5a