Menu
Leading News For Education For Aceh

Peran Guru dan Literasi Dalam Konteks Pendidikan

  • Bagikan

Oleh: Abdul Hamid, S.Pd., M.Pd

Literasi adalah kemampuan seseorang untuk membaca, menulis, dan memahami teks tertulis. Ini mencakup pemahaman konsep-konsep, informasi, serta keterampilan berpikir kritis yang terkait dengan teks. Literasi juga melibatkan kemampuan berbicara dan mendengarkan, memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi secara efektif dalam berbagai konteks.

Dalam konteks pendidikan, literasi bukan hanya keterampilan teknis membaca dan menulis, tetapi juga kemampuan untuk mengartikan, menganalisis, dan menginterpretasikan informasi. Peningkatan literasi memungkinkan individu untuk berpartisipasi aktif dalam masyarakat, mengakses pengetahuan, dan mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang dunia di sekitarnya.

Guru memiliki peran penting dalam mengembangkan literasi siswa dengan menciptakan lingkungan pembelajaran yang merangsang, menyediakan bahan bacaan yang beragam, dan mengajarkan strategi membaca dan menulis. Literasi juga berkaitan erat dengan keterampilan berpikir kritis, karena memahami dan mengevaluasi informasi memerlukan kemampuan untuk berpikir secara analitis.

Integrasi literasi lintas mata pelajaran dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep dalam berbagai disiplin ilmu. Oleh karena itu, pengembangan literasi merupakan aspek kunci dalam menciptakan individu yang terampil dan siap menghadapi tuntutan kompleks dunia modern.

  • Bagikan