Menu
Leading News For Education For Aceh

Pemkab Aceh Barat Tertibkan Pengemis Liar dan Gepeng, Diduga Ada Unsur Penipuan

  • Bagikan
Pemkab Aceh Barat Tertibkan Pengemis Liar dan Gepeng, Diduga Ada Unsur Penipuan

ACEHSIANA.COM, Meulaboh – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melakukan penertiban terhadap aktivitas pengemis liar dan gepeng yang berasal dari luar kabupaten. Penertiban ini dilakukan karena pengemis dan gepeng tersebut tidak memiliki izin resmi dari pemerintah daerah dan diduga ada unsur penipuan dalam aksinya.

Kepala Bidang Trantib Dinas Satpol PP WH Kabupaten Aceh Barat, Arsil, mengatakan bahwa pengemis dan gepeng yang ditangkap telah diserahkan kepada Dinas Sosial Kabupaten Aceh Barat untuk dilakukan pembinaan dan pemulangan ke daerah asal.

“Kebanyakan pengemis dan gepeng ini berasal dari Panton Labu, Kabupaten Aceh Utara. Mereka membawa surat keterangan dari balai pengajian atau dayah, yang suratnya tidak lagi berlaku atau kedaluwarsa,” kata Arsil di Meulaboh, Rabu (17/1).

Arsil menjelaskan bahwa sesuai aturan yang berlaku, setiap masyarakat atau kelompok masyarakat lokal yang ingin mencari sumbangan di Kabupaten Aceh Barat harus terdaftar secara resmi dan memiliki surat rekomendasi dari Dinas Sosial Kabupaten Aceh Barat.

Sedangkan bagi masyarakat yang berasal dari luar Aceh Barat, harus terdaftar secara resmi di lembaga pemerintah, dan memiliki surat rekomendasi yang diterbitkan oleh Dinas Sosial Provinsi Aceh.

“Kami menduga modus yang dilakukan pengemis liar dan gepeng ini mengandung unsur penipuan, karena surat keterangan yang dikantongi diduga palsu dan telah banyak kedaluwarsa. Setiap sumbangan yang diperoleh ini dibagi 30 persen untuk pencari, 60 persen untuk lembaga yang menerbitkan surat rekomendasi untuk mencari sumbangan,” ujar Arsil.

Oleh karena itu, Arsil mengimbau kepada masyarakat yang ingin memberi sumbangan atau bantuan, agar menyerahkan langsung ke lembaga resmi seperti Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat, atau lembaga resmi lainnya seperti pesantren, dayah, panti asuhan, dan lembaga resmi lainnya.

Hal ini untuk mencegah penyalahgunaan bantuan atau sumbangan dari masyarakat, kepada yang tidak berhak atau pihak yang ingin mencari keuntungan secara pribadi.

“Masyarakat juga kami imbau jika melihat gepeng atau pengemis liar, agar dapat dilaporkan ke Dinas Satpol PP WH Kabupaten Aceh Barat, agar pelakunya dapat ditangkap atau ditertibkan,” tutup Arsil.

Editor: Darmawan

  • Bagikan
"zone name","placement name","placement id","code (direct link)" direct-link-575147,DirectLink_1,17796333,https://earlierindians.com/j9hc8f2u?key=0215f31837d1d1f6258a99206aaefbf3 direct-link-575147,DirectLink_2,19132374,https://earlierindians.com/n0znctu1?key=472816a51fea2a2e83dc52e72f60df5a