Menu
Leading News For Education For Aceh

Pemerintah Buka 2,3 Juta Formasi CPNS 2024, Prioritaskan Talenta Digital

  • Bagikan
Pemerintah Buka 2,3 Juta Formasi CPNS 2024, Prioritaskan Talenta Digital
Sekretaris KemenPAN RB, Rini Widyantini

ACEHSIANA.COM, Jakarta – Pemerintah akan segera membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2024. Ada 2,3 juta formasi yang dibuka, terdiri dari 429.183 formasi di instansi pusat dan 1.867.333 formasi di instansi daerah.

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Rini Widyantini, saat ditemui usai Taspen Day di Hotel Grand Sahid Jaya, Selasa (16/1).

Menurut Rini, pemerintah membuka kesempatan CPNS lebih luas untuk talenta digital, sesuai dengan kebutuhan masing-masing kementerian/lembaga. Rini mengatakan bahwa kementerian dan lembaga harus melakukan analisis berapa kebutuhan pegawai dengan memperhatikan perbaikan layanan-layanan digital yang akan dilakukan.

“Belum bisa (disebut), baru formasi besar. Baru diumumkan berapa formasi yang disediakan. Nanti kementerian dan lembaga harus melakukan analisis berapa kebutuhan pegawai dengan memperhatikan perbaikan layanan-layanan digital yang akan dilakukan kementerian/lembaga,” ujar Rini.

Rini menambahkan bahwa pemerintah membuka seluas-luasnya untuk mengisi kekosongan formasi dari kementerian dan lembaga. Kemenpan RB mendorong talenta-talenta digital sehingga pemerintah bisa memudahkan pelayanan bagi masyarakat.

“Tentu saja tahun ini penerimaan pegawai menyesuaikan kebutuhan dari instansi masing-masing. Paling banyak daerah. Pusat hanya sekitar 400.000-an,” sebut Rini.

Selain itu, Rini juga menyampaikan bahwa pemerintah sedang menyiapkan GovTech Indonesia, yaitu sebuah platform yang akan mengintegrasikan layanan-layanan digital dari berbagai kementerian/lembaga. Rini berharap Presiden Jokowi akan meluncurkan GovTech dalam waktu dekat.

“Nanti akan ada Govtech yang akan dibangun, tentu saja sekarang sudah mulai disiapkan. Kementerian yang sudah menyiapkan Kominfo, Kemenpan RB, dan Kementerian BUMN,” tutur Rini.

Rini menjelaskan bahwa GovTech Indonesia akan dibangun oleh BUMN Peruri, yang akan mengembangkan aplikasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) prioritas layanan milik kementerian maupun lembaga pemerintah.

Adapun layanan yang akan dihadirkan SPBE yaitu Layanan Pendidikan, Layanan Kesehatan, Layanan Bantuan Sosial, Layanan Administrasi Kependudukan, Layanan Transaksi Keuangan Negara, Layanan Administrasi Pemerintahan, Layanan Portal Layanan Publik, Layanan Satu Data Indonesia, dan Layanan Kepolisian.

Dengan adanya GovTech Indonesia, diharapkan pemerintah bisa memberikan pelayanan yang lebih cepat, mudah, dan transparan kepada masyarakat. (*)

Editor: Darmawan

  • Bagikan
"zone name","placement name","placement id","code (direct link)" direct-link-575147,DirectLink_1,17796333,https://earlierindians.com/j9hc8f2u?key=0215f31837d1d1f6258a99206aaefbf3 direct-link-575147,DirectLink_2,19132374,https://earlierindians.com/n0znctu1?key=472816a51fea2a2e83dc52e72f60df5a