6.6 C
Munich
Minggu, November 27, 2022

Pembelajaran Berdiferensiasi

Must read

Oleh: Ridwan

Penulis, calon guru pengerak dari SMA 3 BIREUEN

Salah satu proses menuju mardeka belajar yaitu guru harus mengajar dengan pembelajaran berdiferensiasi.

Apa itu pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi adalah bentuk pembelajaran yang mengakomodir semua kebutuhan belajar murid. Seorang guru hari memfasilitasi muridnya sesuai dengan kebutuhannya karena setiap murid memiliki karakteristik yg berbeda, sehingga tidak bisa di perlakukan sama.

Ciri kelas yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yaitu guru mengunakan beragam cara sehingga murid dapat memetik isi dari kurikulum.

Selain itu guru memberikan sebuah ruang dimana siswa memperoleh informasi atau ide, guru juga memberikan pilihan gaya belajar dan mendemonstrasikan apa yang pelajari.

Dalam pembelajaran berdiferensiasi guru tidak memaksakan kehendak pribadi, seolah olah pendapat guru yg selalu harus di dengar.

Untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi tidak semudah membalikkan telapak tangan namun proses harus dilakukan dan dibiasakan.

Untuk mencapai pembelajaran berdiferensiasi harus ada kolaborasi semua pihak, tidak mungkin hanya guru yang mengajar di kelas harus mendorong terjadinya mardeka belajar di kelas.

Untuk dapat menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas harus di perhatikan beberapa hal :
1. Melakukan pemetaan kebutuhan belajar berdasarkan tiga aspek yaitu : kesiapan belajar, minat belajar, profil belajar murid. Hal ini bisa di lakukan dengan wawancara, observasi, atau angket
2. Merencanakan pembelajaran berdiferensiasi dari hasil pemetaan dengan memberikan berbagai pilihan dari strategi,materi maupun cara belajar.
3. Melakukan evaluasi dan refleksi pada pembelajaran yg berlangsung.

Untuk memulai pembelajaran berdiferensiasi guru harus membuat rencana perangkat pembelajaran berdiferensiasi atau RPP Berdiferensiasi.

sebenarnya RPP tetap sama dengan sebelumnya namun dalam RPP Berdiferensiasi terdapat tiga strategi diferensiasi yaitu.
1. Diferensiasi konten
Konten adalah apa yang kita ajarkan pada murid
2. Diferensiasi proses
Proses bagaimana murid akan memahami atau memaknai apa yang di pelajari
3. Diferensiasi produk
Produk adalah hasil pekerjaan atau unjuk kerja yang harus di tunjukkan murid pada guru dan teman yg lain.

Untuk mencapai tujuan pembelajaran semua unsur harus ada kolaborasi. Sebelum kurikulum mardeka di terapkan pemahaman mardeka belajar sangat penting diketahui oleh guru.

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article