4.7 C
Munich
Selasa, November 29, 2022

Nilai Rapor dan PDSS Berbeda, 62 Camaba Unud Dibatalkan Kelulusan SNMPTN Tahun 2022

Must read

ACEHSIANA.COM, Denpasar – Nilai rapor dan nilai pada pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) 62 calon mahasiswa baru (camaba) yang lulus seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) tahun 2022 Universitas Udayana (Unud) berbeda, Rektor membatalkan kelulusan tersebut. Pembatalan kelulusan sebagaimana Keputusan Rektor Unud, Prof Dr Ir I Nyoman Gde Antara MEng, nomor B/49/UN14/TM.00.03/2022, tertanggal 11 Mei 2022.

Menurut Rektor Unud, I Nyoman Gde Antara, ke-62 camaba tersebut dibatalkan kelulusan SNMPTN tahun 2022 dan sekolahnya di blacklist.

“Siswa-siswa tersebut dinyatakan tidak dapat melanjutkan proses registrasi sebagai mahasiswa baru dan status kelulusannya dibatalkan,” sebut Antara.

Dikatakan Antara bahwa sekolah siswa tersebut yang memiliki nilai rapor dan PDSS berbeda juga dikenakan sanksi.

“Sekolahnya akan dikenakan sanksi blacklist dalam penerimaan SNMPTN tahun depan,” sebut Antara.

Antara menambahkan bahwa perbedaan nilai tersebut disebabkan kekeliruan input data dari pihak sekola, terhadap nilai yang dimasukkan ke dalam PDSS.

Melalui verifikasi rapor yang dilakukan dan mengacu pada kebijakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), tambah Antara, maka selanjutnya Unud memberlakukan pembatalan ini. Meski demikian, pihak Unud juga menegaskan, apabila terdapat tuntutan disertai bukti dari pihak yang merasa dirugikan, maka keputusan pembatalan ini akan ditinjau kembali.

Sebelumnya Ketua lembaga tes masuk perguruan tinggi (LTMP), Muhammad Anshari, menyebutkan tiga hal yang menjadi faktor kelulusan SNMPTN 2022.

Ketiga hal tersebut adaah, nilai rapor dengan indeks sekolah, prestasi/penghargaan, dan kompetisi kursi di program studi yang dituju. Nilai rapor kelas 10 sampai 12 adalah bagian dari indeks pribadi. Kemudian, nilai rapor peserta SNMPTN seluruh Indonesia disamakan dengan pengolahan dengan persentase indeks sekolah.

Sementara, indeks sekolah adalah angka pemetaan sekolah berdasarkan rata-rata nilai UTBK SBMPTN dalam satu tahun dan per 3 tahun terakhir. Namun, dia menggarisbawahi bahwa LTMPT tugasnya hanya memfasilitasi perguruan tinggi dalam penerimaan dan pengolahan data siswa serta sekolah.

Kembali pada pemberitaan pembatalan lulusnya 62 camaba Unud, pihak Rektor juga menyatakan akan mengembalikan uang kuliah tunggal yang telah disetor oleh para camaba 100 persen. Para siswa diminta mengisi Google Form paling lambat 23 Mei 2022 untuk proses pengembaliannya. (*)

Editor: Darmawan

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article