Menu
Leading News For Education For Aceh

MUI Ajak Masyarakat Aktif Boikot Produk Israel dan Afiliasinya

  • Bagikan
MUI Keluarkan Fatwa Haram Produk Pendukung Agresi Israel

Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak masyarakat Indonesia untuk tetap aktif memboikot produk-produk yang terafiliasi dengan Israel, sebagai bentuk dukungan terhadap perjuangan kemerdekaan Palestina. Hal ini disampaikan oleh Wakil Sekretaris Jenderal MUI Ikhsan Abdullah dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (18/1).

Ikhsan mengatakan bahwa boikot produk Israel dan produk terafiliasi Israel adalah bagian dari pelaksanaan fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023 tentang Hukum Dukungan terhadap Perjuangan Palestina. Fatwa tersebut menyatakan bahwa umat Islam wajib membantu perjuangan Palestina, baik lewat donasi, zakat, infak, sedekah, maupun boikot.

“Boikot produk Israel dan produk terafiliasi Israel adalah salah satu cara untuk memberikan tekanan kepada Israel agar menghentikan agresi dan genosida terhadap rakyat Palestina. Selain itu, boikot juga dapat menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap produk dalam negeri yang lebih berkualitas dan halal,” sebut Ikhsan.

Menurut Ikhsan, gerakan boikot produk Israel telah menjadi fenomena global yang melahirkan perubahan signifikan di tengah masyarakat. Banyak kalangan yang meninggalkan produk perusahaan multinasional yang terafiliasi Israel atau mendukung zionisme, dan beralih ke produk-produk lokal yang lebih ramah lingkungan dan sosial.

“Ini sesuatu yang menggembirakan, produk lokal mampu mengambil alih posisi brand-brand yang terafiliasi Israel. Hal ini juga menunjukkan tingginya solidaritas dan kepercayaan masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam, terhadap otoritas MUI di bidang moral dan keagamaan,” ujar Ikhsan.

Ikhsan juga menyampaikan apresiasi dan dukungan MUI terhadap inisiatif Afrika Selatan dan sejumlah negara lain yang telah menyeret Israel ke Mahkamah Internasional (ICJ) atas pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan Israel terhadap Palestina. Ikhsan berharap pengadilan tersebut dapat mengadili Israel secara adil dan menghentikan genosida di Gaza.

“Kami berterima kasih kepada Afrika Selatan yang telah berhasil menyeret Israel ke Mahkamah Internasional. Apa yang dilakukan Afrika Selatan saat ini akan dikenang dunia dan tercatat dalam sejarah. Kami berharap pengadilan tersebut dapat memberikan keadilan bagi rakyat Palestina yang telah lama menderita di bawah penjajahan Israel,” kata Ikhsan.

Oleh karena itu, Ikhsan mendorong umat Islam untuk konsisten dan aktif dalam berbagai upaya membantu perjuangan bangsa Palestina, termasuk lewat gerakan boikot produk Israel dan semua yang terafiliasi. Ikhsan juga mengimbau masyarakat untuk terus mengawasi dan mengkritisi produk-produk yang masuk ke Indonesia, agar tidak ada produk yang tercemar oleh Israel dan zionisme.

“Kami mengimbau masyarakat untuk terus mengawasi dan mengkritisi produk-produk yang masuk ke Indonesia, agar tidak ada produk yang tercemar oleh Israel dan zionisme. Kami juga mengajak masyarakat untuk terus menggelorakan gerakan boikot produk Israel dan produk terafiliasi Israel, sebagai wujud perjuangan kita bersama untuk membela hak-hak rakyat Palestina,” pungkas Ikhsan. (*)

Editor: Darmawan

  • Bagikan