Menu
Leading News For Education For Aceh

Menulis Cermin Hati dan Hayalan Batin

  • Bagikan

Oleh. Marlina, S.Pd

Guru SDN Kp. Blang Iboih Pidie

Seorang guru duduk di meja kerjanya, melihat tumpukan buku catatan dan kertas kosong di depannya. Meskipun waktu telah larut, dia masih setia pada kebiasaannya menulis setiap hari. “Menulis bukan hanya tugas, tetapi kunci untuk membuka pintu pengetahuan,” pikirnya.

Guru itu menyadari bahwa menulis adalah jendela ke dalam pikiran dan hati siswa. Dengan mengungkapkan pemikiran mereka di atas kertas, siswa dapat memperjelas gagasan dan mengasah kemampuan berpikir kritis. Guru merenung, “Menulis bukan sekadar mengejar nilai, tetapi mengembangkan suara unik setiap individu.”

Selain itu, guru menyadari bahwa menulis adalah cara untuk merayakan keberagaman. Setiap tulisan memuat kepingan pengalaman dan pandangan dunia yang berbeda. Melalui kata-kata, guru dapat membuka jendela untuk memahami kehidupan siswa, membangun jembatan empati, dan menciptakan lingkungan kelas yang inklusif.

Dalam penceritaan sehari-hari, menulis memberi guru alat untuk menyampaikan pelajaran dengan cara yang menarik. Kisah-kisah tentang ilmu pengetahuan, sejarah, dan nilai-nilai dapat dihidupkan melalui kata-kata. Guru tahu bahwa dengan menulis, informasi tidak hanya disampaikan, tetapi diukir dalam ingatan siswa.

Akhirnya, guru menyadari bahwa menulis adalah cermin dari pemahaman dirinya sendiri. Dengan merangkai kata-kata, guru dapat merenungkan pengalaman mengajar, mengevaluasi pendekatan, dan terus berkembang sebagai pendidik yang lebih baik.

Jadi, melalui tumpukan buku catatan dan kertas kosong itu, guru menyadari bahwa menulis bukan hanya tanggung jawab, tetapi juga kekuatan untuk membentuk pikiran, merayakan keberagaman, menyampaikan pelajaran, dan merefleksikan diri. “Menulis adalah jantung pendidikan,” gumamnya sambil terus melanjutkan praktik menulisnya, membawa kebijaksanaan ke dalam setiap tinta yang mengalir di atas kertas.

  • Bagikan
"zone name","placement name","placement id","code (direct link)" direct-link-575147,DirectLink_1,17796333,https://earlierindians.com/j9hc8f2u?key=0215f31837d1d1f6258a99206aaefbf3 direct-link-575147,DirectLink_2,19132374,https://earlierindians.com/n0znctu1?key=472816a51fea2a2e83dc52e72f60df5a