Menu
Leading News For Education For Aceh

Memamfaat Hak dengan Baik dan benar

  • Bagikan

 

Penulis : Hasan Basri, S.Pd, M.M
Kepala SMAN1 Simpang Mamplam

Pagi tadi berkesempatan menjadi pembina upacara pada sekolah yang kami nahkodai,
Hidup adalah sebuah perjalanan, perjuangan, penentuan dari mana kita mulai dan di mana kita akhiri dalam rangkaian pencapaian kehidupan yang lebih berarti dan bermamfaat dalam prosesis perjalanan kehidupan.

Kita sebagai hamba ciptaan tuhan ( Allah SWT) dan umat Nabi Muhammad SAW sudah seharusnya menyadari bahwa hidup akan bernilai dan berarti kalau kita memahami kehendaknya Sang Khalik yaitu Allah SWT.
Prof Hamka sang maha guru dari sumatera barat beliau memberikan pesan penting untuk kita semua *jangan paksakan tuhan mu mengikuti kehendak mu tapi paksalah dirimu mengikuti kehendaknya Tuhan sehingga angkau akan selalu terbingkai dengan kasih sayang dan di penuhi harapanmu*

Tuhan memberikan hak-hak kepada manusia untuk membantu mereka menjalani kehidupan yang baik dan mencapai tujuan mereka. Berikut adalah beberapa argumentasi tentang hak-hak tersebut:

* Pengetahuan*

* Manusia dikaruniai akal untuk belajar dan memahami dunia di sekitar mereka.
* Pengetahuan memungkinkan manusia untuk membuat keputusan yang tepat dan bertanggung jawab.
* Pengetahuan membantu manusia untuk mengembangkan diri dan mencapai potensi penuh mereka.

. *Adab:*

* Adab adalah seperangkat aturan dan nilai yang mengatur perilaku manusia.
* Adab membantu manusia untuk hidup bersama dengan harmonis dan saling menghormati.
* Adab menunjukkan rasa hormat kepada Tuhan dan sesama manusia.

*Ikhtiar

Ikhtiar merupakan persiapan bahan/alat kerja yang lengkap. Hal ini harus dipesiapkan sebelum proses kerja dilakukan. Oleh karena itu, ikhtiar ini harus dipersiapkan sebelum proses usaha dilakukan.

Usaha

* Manusia memiliki kemampuan untuk berusaha dan bekerja keras untuk mencapai tujuan mereka.
* Ikhtiar dan usaha menunjukkan bahwa manusia bertanggung jawab atas kehidupan mereka sendiri.
* Ikhtiar dan usaha membantu manusia untuk mengembangkan disiplin dan ketekunan.

Penulis memberikan sedikit ilustrasi untuk mengaktualisasi hak hak kita sebagai manusia yang diberikan oleh Allah SWT, contoh kita memiliki sebidang/ sepetak sawah untuk dikelola dengan mengunakan hak hak yang diberikan Allah pada insan yang berakal, seorang petani memfaatkan akal sehatnya untuk memperoleh tentang pengelolaan sawah, selanjutnya memiliki hak adat untuk beraktivitas, saat turun kesawah ada jadwal doa bersama para petani , jadwal penaburan benih, jadwal penanaman padi, dan pemotongan. Langkah selanjutnya, hak ikhtiar yaitu memliki sarana seperti cangkul, bibit padi, hak terakhir, adalah usaha dari aktivitas manusia, mengolah lahan sawah untuk penaburan bibit padi, selanjutnya penanaman padi, pemberian air dalam sawah , pemberian pupuk serta membersihkan rumput rumput. Saat padi sudah mulai menguning perlu dilakukan pengawasan dari hama hama burung.akhir dari semua aktivitas usaha maka di lakukan pemotongan padi.

Hak-hak yang diberikan Tuhan kepada manusia adalah untuk membantu mereka menjalani kehidupan yang baik dan mencapai tujuan mereka. Dengan menggunakan hak-hak ini dengan bijak, manusia dapat mencapai kebahagiaan dan kesuksesan di dunia dan di akhirat.

Dengan pengetahuan, manusia dapat belajar tentang bahaya narkoba dan memilih untuk tidak menggunakannya.
Dengan adab, manusia dapat berperilaku sopan dan hormat kepada orang tua dan guru mereka.
Dengan ikhtiar dan usaha, manusia dapat belajar dengan giat dan mendapatkan nilai yang bagus di sekolah.

Penting untuk diingat

Hak-hak ini harus digunakan dengan bertanggung jawab.

a.Hak-hak ini tidak boleh digunakan untuk merugikan orang lain.
b. Hak-hak ini harus digunakan untuk mencapai tujuan yang mulia.

Dengan menggunakan hak-hak ini dengan bijak, manusia dapat membangun dunia yang lebih baik untuk semua.
Sobat – sobit semua, ingat dan gunakan hak pilih saudara/i untuk melakukan pencoblosan saat hari rabu 14 Februari 2024. Gunakan hak pilih anda, suara anda menentukan masa depan negeri tercinta kita indonesia.
Simpang Mamplam, 12 .02.2024

  • Bagikan
"zone name","placement name","placement id","code (direct link)" direct-link-575147,DirectLink_1,17796333,https://earlierindians.com/j9hc8f2u?key=0215f31837d1d1f6258a99206aaefbf3 direct-link-575147,DirectLink_2,19132374,https://earlierindians.com/n0znctu1?key=472816a51fea2a2e83dc52e72f60df5a