1.9 C
Munich
Kamis, Desember 1, 2022

Lulusan SMA/SMK Diharapkan Mampu Mengembangkan Pariwisata Sabang

Must read

ACEHSIANA.COM, Sabang – Lulusan SMA/SMK di Sabang diharapkan mampu mengembangkan pariwisata Sabang menjadi lebih baik. Harapan tersebut disampaikan Asisten Pemerintahan, Keistimewaan, dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota (Pemko) Sabang, Andri Norman AP MSi saat menerima audiensi Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdindik) Wilayah Kota Sabang bersama kepala SMA/SMK/SLB dan Pengawas Sekolah se-Kota Sabang di aula Walikota Sabang pada Rabu (5/2).

Rombongan Kacabdindik Sabang diterima oleh Asisten Pemerintahan, Keistimewaan, dan Kesejahteraan Rakyat, Andri Norman MSi, Asisten Administrasi Umum, Drs Kamaruddin, dan beberapa Kepala Dinas, Ketua dan Sekretaris Majelis Pendidikan Daerah (MPD), serta Kabag Kesejahteraan Rakyat Pemko Sabang.

Andri Norman menjelaskan bahwa pertemuan tersebut sangat penting dilakukan sebagai koordinasi pasca sekolah menengah dialihkan pengelolaannya ke Pemerintah Aceh. Hal tersebut, lanjut Andri, sebagai tindak lanjut Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Salah satu visi dan misi Kota Sabang adalah mewujudkan Sabang sebagai destinasi pariwisata nusantara yang mendunia. Kita sangat mengharapkan lulusan SMA/SMK kita mampu mengembangkan pariwisata Sabang yang terkenal dengan keindahannya,” ujar Andri.

Asisten Administrasi Umum  Pemko Sabang, Drs Kamaruddin, meminta agar forum tersebut dapat dijadikan sebagai forum komunikasi yang terjadwal setiap 3 bulan sekali. Menurut Kamaruddin banyak hal yang dapat didiskusikan dan dicari solusi terhadap permasalahan pendidikan di Kota Sabang melalui forum tersebut.

Kacabdindik Sabang, Abdul Hamid SPd MPd menegaskan bahwa pertemuan tersebut sebagai upaya membangun sinergitas antara Dinas Pendidikan Aceh dengan Pemko Sabang dalam meningkatkan pendidikan di Pulau Weh.

“Kami meminta bantuan Pemko Sabang melalui Dinas Lingkungan Hidup agar sudi mengangkut sampah di SMA/SMK/SLB. Ini sejalan dengan program Bersih, Rapi, Estetis, dan Hijau (Bereh) sehingga sekolah tampil menggoda,” ungkap Hamid.

Lebih lanjut Hamid berharap kepada Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sabang untuk memberi peluang kepada lulusan SMA/SMK guna mengembangkan destinasi objek wisata di Kota Sabang.

Menanggapi permintaan Kacabdindik Sabang, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Pemko Sabang, Faisal, menerangkan bahwa setiap tahun pihaknya menyediakan beasiswa kepada putra putri Sabang untuk kuliah di Politeknik Pariwisata Medan. Akan tetapi, tambah Faisal, peminat beasiswa tersebut sangat minim sehingga tidak termanfaatkan dengan maksimal.

“Kami berharap kerjasama dengan Kacabdindik Sabang agar kuota beasiswa ini dapat terpenuhi. Dengan demikian maka Sabang akan memiliki SDM pariwisata yang profesional sehingga pengembangan pariwisata Sabang dapat terkelola dengan lebih baik,” pungkas Faisal. (*)

Editor: Darmawan

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article