Kinerja Guru Pembimbing Khusus Pidie Jaya Dievaluasi

0
19
Para Guru Pembimbing Khusus yang dievaluasi (doc. Hamid)

ACEHSIANA.COM, Meureudu – Sebanyak 63 Guru Pembimbing Khusus (GPK) dari 30 satuan pendidikan penyelenggara pendidikan inklusif jenjang PAUD, SD, dan SMP dievaluasi kinerjanya. Mereka dievaluasi oleh tim yang dibentuk Dinas Pendidikan Pidie Jaya pada Kamis (5/3) di SMPN 1 Meureudu.

Kepala Dinas Pendidikan Pidie Jaya, Saiful MPd menjelaskan bahwa mutu pendidikan mutlak harus didasari atas proses. Oleh karena itu, tambah Saiful, tidak akan ada pendidikan yang bermutu tanpa proses yang bermutu. Pendidikan inklusif, kata Saiful, sangat memperhatikan proses bermutu. Saiful menyebutkan bahwa semua anak memungkinkan dapat belajar dengan optimal jika dilakukan perubahan/penyesuaian lingkungan terhadap kebutuhan dan hambatan belajar anak.

“Evaluasi ini dilakukan untuk menilai tingkat pemahaman GPK dan kemampuan mereka dalam mencari cara atau solusi penyelesaian masalah ABK yang berdampak pada peningkatan partisipasi pendidikan inklusif dan mengkaji secara konseptual tentang pendidikan inklusif. Terutama terkait dengan paradigma pendidikan inklusif dan relevansinya dengan tujuan pendidikan untuk semua dengan pendekatan merdeka belajar,” ujar Saiful

Kabid Dikdas Disdik Pijay, Makmurrizal MPd berharap untuk tahun 2020 terdapat penambahan perintisan dan penguatan penyelenggaraan pendidikan inklusif dengan model pengimbasan pada satuan pendidikan yang lain.

“Kita berharap efektifitas perluasan implementasi pendidikan inklusif dan jumlah satuan pendidikan penyelenggara pendidikan inklusif (jumlah dan kapasitas satuan pendidikan, partisipasi stakeholder, dan peningkatan pemahaman tentang pendidikan inklusif) di Pidie Jaya meningkat, pinta Makmurrizal.

Kegiatan evaluasi tersebut turut dihadiri oleh Kasi Sekolah Dasar Zulwanis SPd, Ketua Asosiasi Pengawas Seluruh Indonesia (APSI) Pijay, Isfandiar MPd, Koorwas Afriyani, S.Pd serta beberapa kepala sekolah. (*)

Kontributor: Hamid

Editor: Darmawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini