Menu
Leading News For Education For Aceh

Ketua Pemuda ICMI Aceh Imbau Masyarakat Waspadai Hoax Seputar Pemilu

  • Bagikan
Pemuda ICMI Aceh Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas Pasca Pemilu 2024
Ketua Pemuda ICMI Aceh, Dr Muhammad Yasar STP MSc

ACEHSIANA.COM, Banda Aceh – Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang berlangsung pada Rabu (14/2) lalu telah usai dengan lancar dan damai. Meski demikian, masih ada beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang harus melakukan pencoblosan ulang karena berbagai alasan, seperti kekurangan surat suara, kerusakan kotak suara, atau adanya dugaan kecurangan.

Hal ini tentu menjadi tantangan bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyelesaikan proses rekapitulasi suara secara cepat dan akurat. KPU juga harus menghadapi berbagai gugatan dan sengketa yang diajukan oleh peserta pemilu, baik di tingkat daerah maupun nasional.

Di tengah situasi yang masih dinamis ini, Ketua Majelis Pengurus Wilayah Pemuda Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (MPW Pemuda ICMI) Aceh, Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kondusifitas dan tidak terprovokasi oleh isu-isu hoax yang beredar di media sosial.

“Alhamdulillah proses pemungutan suara Pemilu 2024 telah berhasil dilangsungkan secara aman damai sebagai mana yang kita harapkan walaupun masih ada beberapa TPS yang berpotensi untuk melakukan pencoblosan ulang sebagaimana disampaikan oleh KPU,” kata Yasar dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (17/2).

“Untuk itu saya mengharapkan semua pihak bersabar untuk menunggu hasil rekapitulasi resmi dari KPU. Beri kesempatan kepada KPU beserta jajarannya untuk bekerja dengan baik dan tenang. Jangan termakan isu-isu bernada hoax tanpa kroscek kebenarannya,” tambahnya.

Yasar, yang juga mantan Panwas Luar Negeri Kuala Lumpur Malaysia, berharap proses yang sedang berjalan ini benar-benar jujur dan adil (jurdil) sehingga menghasilkan kepemimpinan yang berlegitimasi tinggi.

“Kita semua menginginkan pemilu yang berintegritas, yang mencerminkan aspirasi dan kehendak rakyat. Kita juga menginginkan pemimpin yang kuat, berkualitas, dan legitimed, yang mampu membawa Indonesia lebih maju dan sejahtera,” ujarnya.

Menurut Yasar, terkait banyaknya fenomena hoax terutama di media sosial perlu disikapi dengan cerdas, arif, dan bijak. Tidak hanya hoax, banyak juga yang bersifat saling memanas-manasi, seperti nada ejekan, tuding menuding, dan lain sebagainya. Hal ini bisa menimbulkan konflik dan perpecahan di antara masyarakat.

“Jangan asal share sebelum memastikan tingkat keakuratan dan kebenaran beritanya. Gunakan akal sehat dan hati nurani kita untuk menilai informasi yang kita terima. Jangan mudah terpengaruh oleh emosi dan kepentingan sesaat. Mari kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa kita,” pesannya.

Namun di sisi lain, Yasar juga menghormati hak-hak pihak-pihak yang merasa belum puas dengan proses yang sedang berlangsung untuk menggunakan jalur mekanisme yang tersedia dengan baik dan perlu dilakukan dengan cara-cara yang benar pula sesuai aturan.

“Kita menghargai hak konstitusional setiap peserta pemilu untuk mengajukan gugatan atau sengketa ke lembaga yang berwenang, seperti Bawaslu atau MK. Namun, kita juga mengharapkan agar hal ini dilakukan dengan berdasarkan fakta dan bukti yang kuat, tidak hanya berdasarkan asumsi atau dugaan,” katanya.

Yasar juga mengajak semua pihak untuk menghormati dan mengikuti putusan lembaga yang berwenang, baik itu KPU, Bawaslu, atau MK.

“Kita harus menghormati proses hukum yang berjalan. Kita harus menghormati keputusan yang diambil oleh lembaga yang berwenang. Kita harus menghormati pilihan rakyat yang telah dituangkan dalam surat suara,” tegasnya.

Kepada pihak penyelenggara, Yasar juga meminta agar tetap berpegang teguh kepada azas pemilu yang jurdil.

“KPU, Bawaslu, dan MK adalah lembaga yang independen dan profesional. Saya yakin mereka akan bekerja dengan sebaik-baiknya untuk menjamin pemilu yang jurdil. Saya juga mengapresiasi kerja keras dan pengabdian mereka selama ini,” pungkasnya.  (*)

Editor: Darmawan

  • Bagikan
"zone name","placement name","placement id","code (direct link)" direct-link-575147,DirectLink_1,17796333,https://earlierindians.com/j9hc8f2u?key=0215f31837d1d1f6258a99206aaefbf3 direct-link-575147,DirectLink_2,19132374,https://earlierindians.com/n0znctu1?key=472816a51fea2a2e83dc52e72f60df5a