1.2 C
Munich
Kamis, Desember 1, 2022

Kenalkan Dunia Usaha, Siswa SMKN Peternakan Salang diajak Berternak Ayam Broiler

Must read

ACEHSIANA.COM. Sinabang – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Peternakan Salang, Kabupaten Simeulue, menyahuti program revitalisasi SMK, dengan mengenalkan untuk siswanya dunia usaha peternakan ayam broiler.

Untuk membudayakan jiwa kewirausahaan dikalangan siswa, SMK Negeri Peternakan Salang, jurusan keahlian Agribisnis Ternak Unggas (ATU), pihak sekolah menyediakan ratusan ekor ayam broiler sebagai bahan praktek siswa, guru produktif pertenakan unggas membimbing siswanya cara pemberian pakan, perawatan dan pemeliharaan DOC hingga peoses pemasaran.

Kepala SMK Negeri Peternakan Salang, Armudin SPd, menjelaskan penyediaan ratusan ekor doc ayam broiler digunakan untuk media praktek siswanya, siswa dibimbing langsung oleh guru produktif ternak unggas, mulai dari proses pemeliharaan, pemberian pakan, perawatan ternak hingga pemasaran hasilnya.

“Untuk memotivasi jiwa kewirausahaan, siswa, sekolah menyiapkan ratusan ekor ayam broiler untuk dijadikan praktek siswa, siswa diajarkan cara pemberian pakan, pemeliharaan, dan perawatan kandang sampai dengan pemasaran hasil peternakan”. Ujarnya. Senin, (30/5/2022).

Ditambahkan Armudin, untuk saat ini sebagai media kandang ternak ayam broiler disekolahnya itu, masih memanfaatkan beberapa ruangan dari gedung sekolah itu untuk tempat pembesaran ternak unggas ayam broiler.

“Nanti disiapkan kandang kusus untuk usaha peternakan unggas ayam broiler ini, sementara waktu kandangnya dimanfaatkan dulu beberapa ruangan kosong yang ada disekolah”. Ungkapnya.

Sementara itu, M.Din SPd, selaku pengawas sekolah, memberikan apresiasi – dengan usaha yang dilakukan pihak sekolah untuk memotivasi semangat siswa berwirausaha, sesuai keahlian dibidang peternakan.

“Kegiatan kewirausahaan ternak ayam broiler ini diharapkan bisa memotivasi siswa untuk berjiwa wirausaha ketika menamatkan pendidikannya dari SMK, nanti mampu berwirausaha dibidang peternakan dan mudah mendapatkan pekerjaaan di DUDI” Jelas M. Din, saat bersama rombongan pengawas pembina dari Cabdisdik Aceh wilayah Simeulue meninjau peternakan ayam boyler di SMKN Salang, Senin, (30/5/2022). (*)

Kontributor : Alex Arao

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article