Menu
Leading News For Education For Aceh

Kemendikbudristek Rancang Platform Marketplace Ruang Talenta Guru untuk Atasi Masalah Honorer

  • Bagikan
Kemendikbudristek Rancang Platform Marketplace Ruang Talenta Guru untuk Atasi Masalah Honorer

ACEHSIANA.COM, Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tengah merancang sebuah platform marketplace guru atau ruang talenta guru yang bertujuan untuk mengatasi masalah guru honorer secara permanen. Platform ini akan memungkinkan sekolah untuk merekrut guru sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim mengatakan bahwa ruang talenta guru dapat menjadi solusi bagi sekolah yang kekurangan guru. Dia menambahkan bahwa rekrutmen melalui ruang talenta guru nantinya menjadi hak sekolah, tanpa harus terikat dengan formasi yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

“Sekolah memiliki hak untuk menentukan kebutuhannya dan dia bisa melakukan rekrutmen secara berkala dan tentunya sekolah diberikan kemampuan anggaran untuk bisa mendapatkan talenta yang dibutuhkan,” ujar Nadiem dalam Rapat Kerja dengan Komisi X DPR RI dikutip dari YouTube Komisi X, Rabu, 8 Oktober 2023.

Nadiem berharap bahwa dengan ruang talenta guru, ke depan tidak akan ada lagi perdebatan soal formasi guru. Sebab, formasi akan didasarkan pada kebutuhan masing-masing sekolah. Dia menyebut bahwa proses perekrutan nantinya akan dikolaborasikan dengan formasi yang disediakan oleh pemerintah pusat.

Untuk merealisasikan hal tersebut, Nadiem mengatakan bahwa perlu adanya aturan pendukung yang merupakan turunan dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN. Dia mengaku masih berdiskusi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) untuk menyusun Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) terkait ruang talenta guru.

“Harapan besar kami, agar formasi bisa ditentukan dari pusat berdasarkan kebutuhan masing-masing sekolah. Ini masih harapan, masih didiskusikan (bersama Kemenpan RB) dan kami coba masukan ke dalam RPP ini,” pungkas Nadiem. (*)

Editor: Darmawan

  • Bagikan
"zone name","placement name","placement id","code (direct link)" direct-link-575147,DirectLink_1,17796333,https://earlierindians.com/j9hc8f2u?key=0215f31837d1d1f6258a99206aaefbf3 direct-link-575147,DirectLink_2,19132374,https://earlierindians.com/n0znctu1?key=472816a51fea2a2e83dc52e72f60df5a