Menu
Leading News For Education For Aceh

Kemenag Buka Seleksi Petugas Haji, Ini Syarat dan Jadwalnya

  • Bagikan
Kemenag Buka Seleksi Petugas Haji, Ini Syarat dan Jadwalnya

ACEHSIANA.COM, Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) kembali membuka seleksi petugas haji untuk tahun 1445 H/2024 M. Seleksi ini ditujukan untuk mengisi empat formasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, yaitu Media Center Haji (MCH), Perlindungan Jamaah, Layanan Jamaah Lansia, dan Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama pada Jamaah Haji (PKP3JH).

Seleksi ini dibuka mulai 11 hingga 19 Januari 2024 melalui aplikasi SuperApps Pusaka Kementerian Agama. Para pelamar yang memenuhi syarat akan mengikuti tes komputer dan wawancara yang dilaksanakan di Asrama Haji Pondok Gede pada 25 Januari 2024. Hasil seleksi akan diumumkan pada 29 Januari 2024.

Juru Bicara Kemenag Anna Hasbie mengatakan seleksi ini bertujuan untuk mendapatkan petugas haji yang profesional, kompeten, dan berintegritas. “Kami mengundang para pelamar yang memenuhi syarat, untuk ikut ambil bagian dalam seleksi PPIH Arab Saudi. Pendaftaran dibuka dari 11 sampai 19 Januari 2024 melalui SuperApps Pusaka Kementerian Agama,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (8/1).

Anna menjelaskan tes komputer akan menguji wawasan kebangsaan, moderasi beragama, regulasi perhajian, manasik haji, serta tugas dan fungsi layanan. Sementara wawancara akan menggali kemampuan baca tulis Al Quran, pendalaman tugas dan fungsi petugas haji, penyelesaian masalah, integritas, serta pemahaman keagamaan yang moderat dan kepemimpinan.

“Kami berharap seleksi ini dapat menghasilkan petugas haji yang siap memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah haji Indonesia,” kata Anna.

Direktur Bina Haji Kemenag Arsad Hidayat menambahkan ada empat formasi yang dibutuhkan untuk PPIH Arab Saudi, yaitu MCH, Perlindungan Jamaah, Layanan Jamaah Lansia, dan PKP3JH. Masing-masing formasi memiliki persyaratan dan kriteria tersendiri.

“Untuk MCH, saat ini sedang berlangsung seleksi awal yang dilakukan oleh Biro Humas, Data, dan Informasi Setjen Kemenag. Seleksi ini meliputi tes tulis, tes praktik, dan wawancara,” kata Arsad.

Arsad mengatakan para pelamar harus membuat akun terlebih dahulu melalui SuperApps Pusaka Kementerian Agama. Setelah itu, pelamar mengunggah berkas persyaratan yang telah ditentukan.

“Jika dinyatakan lulus verifikasi berkas, pelamar akan mendapatkan kartu ujian. Jika tidak lulus verifikasi berkas, pelamar akan mendapatkan notifikasi,” katanya.

Arsad berharap seleksi ini dapat berjalan lancar dan transparan.

“Kami mengimbau para pelamar untuk tidak percaya dengan oknum yang menjanjikan kelulusan atau meminta imbalan dalam bentuk apapun. Seleksi ini murni berdasarkan kemampuan dan kinerja pelamar,” tegasnya. (*)

Editor: Darmawan

  • Bagikan
"zone name","placement name","placement id","code (direct link)" direct-link-575147,DirectLink_1,17796333,https://earlierindians.com/j9hc8f2u?key=0215f31837d1d1f6258a99206aaefbf3 direct-link-575147,DirectLink_2,19132374,https://earlierindians.com/n0znctu1?key=472816a51fea2a2e83dc52e72f60df5a