Menu
Leading News For Education For Aceh

Kemenag Buka Pendaftaran Murid Baru di Madrasah Unggulan Nasional

  • Bagikan
Kemenag Buka Pendaftaran Murid Baru di Madrasah Unggulan Nasional
MAN Insan Cendekia Aceh Timur

ACEHSIANA.COM, Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia mengumumkan pembukaan pendaftaran murid baru untuk belajar di madrasah-madrasah unggulan nasional di seluruh Indonesia. Ada tiga jenis madrasah unggulan yang ditawarkan, yaitu Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC), Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN PK), dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN).

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag Muhammad Ali Ramdhani mengatakan, pendaftaran murid baru ini dilakukan melalui Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) yang akan menyeleksi secara ketat calon murid berdasarkan jalur prestasi, jalur tes, dan jalur internasional. SNPDB ini akan dibuka mulai tanggal 8 Januari hingga 17 Februari 2024.

“Kami membuka kesempatan bagi lulusan terbaik MTs/SMP negeri dan swasta, baik dalam maupun luar negeri, untuk mendapatkan pendidikan bermutu di madrasah unggulan nasional,” ujar Ramdhani, Kamis (4/1).

Ramdhani menjelaskan, MAN IC merupakan madrasah unggulan nasional bidang sains dan humaniora yang dibina langsung oleh Kemenag. MAN IC memiliki kurikulum yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan, teknologi, dan agama. Lulusan MAN IC diharapkan dapat mengakses perguruan tinggi top nasional dan internasional, serta menjadi teknokrat, saintis, dan pemimpin masa depan di bidangnya masing-masing.

Sementara itu, MAN PK merupakan madrasah unggulan nasional bidang agama dan keagamaan yang juga dibina langsung oleh Kemenag. MAN PK memiliki kurikulum yang menggabungkan antara persekolahan dan pondokan, sehingga memungkinkan belajar 24 jam sehari dengan variasi metodologi pembelajaran. Lulusan MAN PK diharapkan mampu menggabungkan keulamaan dan kecendekiawanan, serta berperan aktif dalam pengembangan keislaman dan keindonesiaan.

Selain itu, ada juga MAKN yang merupakan madrasah unggulan nasional bidang kejuruan yang menawarkan program studi sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. MAKN memiliki fasilitas dan sarana praktek yang lengkap dan modern, serta bekerja sama dengan berbagai industri dan lembaga terkait. Lulusan MAKN diharapkan mampu bersaing di pasar kerja, serta memiliki keterampilan dan kompetensi yang relevan.

Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Sidik Sisdiyanto mengatakan, SNPDB ini menyediakan tiga jalur pendaftaran, yaitu jalur prestasi, jalur tes, dan jalur internasional. Jalur prestasi adalah jalur non-tes yang diperuntukkan bagi siswa terbaik lulusan MTs/SMP yang memenuhi persyaratan akademik dan non-akademik. Jalur tes adalah jalur tes berbasis CBT yang diperuntukkan bagi peserta didik terbaik lulusan MTs/SMP negeri dan swasta yang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Jalur internasional adalah jalur portofolio dan tes wawancara yang diperuntukkan bagi siswa terbaik lulusan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN), Sekolah Kedutaan Luar Negeri di Indonesia, atau Sekolah setingkat MTs di luar negeri.

Sidik menambahkan, SNPDB tahun 2024 juga menyediakan jalur prestasi keagamaan khusus untuk MAN PK. Jalur ini diperuntukkan bagi calon peserta didik yang memiliki kemampuan membaca kitab turats (kitab kuning) dan hafalan Alquran minimal 15 juz. Jalur ini tidak memerlukan tes tertulis, tetapi hanya tes lisan dan wawancara.

Sidik berharap, para calon murid segera mendaftarkan diri dan memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan layanan pendidikan madrasah yang berkualitas. Disamping itu, mereka juga akan dibekali diri dan berperan dalam pembangunan bangsa sebagai calon pemimpin dan generasi penerus bangsa yang berkarakter madrasah.

“Kami mengajak seluruh lulusan MTs/SMP yang berprestasi dan berpotensi untuk mendaftar di madrasah unggulan nasional. Ini adalah kesempatan emas untuk mendapatkan pendidikan yang unggul dan bermartabat,” sebut Sidik.

Pendaftaran SNPDB dapat dilakukan secara online melalui situs snpdb-madrasah.kemenag.go.id. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di situs tersebut atau menghubungi kontak person masing-masing madrasah unggulan. (*)

Editor: Darmawan

  • Bagikan
"zone name","placement name","placement id","code (direct link)" direct-link-575147,DirectLink_1,17796333,https://earlierindians.com/j9hc8f2u?key=0215f31837d1d1f6258a99206aaefbf3 direct-link-575147,DirectLink_2,19132374,https://earlierindians.com/n0znctu1?key=472816a51fea2a2e83dc52e72f60df5a