Menu
Leading News For Education For Aceh

Kacabdisdik Aceh Timur Dorong Penguatan SMK di Wilayahnya, Penekanan Pentingnya BLUD yang Efektif

  • Bagikan

ACEHSIANA.COM, IDI –  Pemerintah Provinsi Aceh telah mengambil langkah signifikan dengan menetapkan 68 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) sejak tahun 2023.

Keputusan itu merupakan bagian dari upaya meningkatkan pelayanan publik di sektor pendidikan, khususnya dalam mengembangkan pendidikan vokasi.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah Aceh Timur, Rahmatsah Putra mengatakan ke media ini, Jum’at (5/1/2024), bahwa penunjukan BLUD kepada SMK Negeri dengan produk unggulan dan kemampuan mengelola proses produksi di teaching factory atau TEFA memberikan fleksibilitas yang sangat dibutuhkan.

Hal itu disampaikannya dalam pertemuan di Aula SMA Negeri 1 Idi pada Kamis (4/1/) kemarin.

Rahmatsah mengajak setiap SMK untuk mengembangkan potensi masing-masing dan berkoordinasi dengan badan usaha di daerah guna memajukan produk siswa.

“Penetapan SMK sebagai BLUD adalah langkah maju yang perlu dikembangkan. Mari cari potensi masing-masing dan koordinasikan dengan badan usaha untuk memajukan produk siswa,” ungkap Rahmatsah.

Dia menekankan bahwa status BLUD memberikan SMK kemandirian dalam mengelola anggaran sekolah.

Diingatkannya para kepala sekolah untuk memperkuat tanggung jawab dan akuntabilitas dalam mengelola sekolah serta mengubah mindset agar berperan sebagai CEO, bukan hanya mencari keuntungan finansial.

“Tujuan BLUD bukan hanya untuk mencari uang, tapi untuk meningkatkan layanan pendidikan baik dari segi kualitas maupun jumlah tanpa menunggu pemerintah. Cari sumber dana mandiri lewat produknya,” ujar Rahmatsah.

Lebih lanjut, Rahmatsah memberi penekanan kepada para Kepala SMK agar BLUD harus benar-benar dijalankan dengan pastikan bahwa rekening BLUD harus aktif. Ia mendorong kreativitas kepala sekolah untuk menghidupkan BLUD.

“Pastikan BLUD tahun ini harus berjalan, jangan sampai rekeningnya nol. Caranya tergantung kreativitas bapak ibu untuk menghidupkan BLUD,” ungkap Rahmatsah.

Kacabdisdik Wilayah Aceh Timur menyarankan, agar SMK membangun kolaborasi dengan badan usaha di wilayah masing-masing untuk memajukan berbagai produk unggulan dari siswa.

Dengan demikian katanya, akses masyarakat terhadap produk usaha SMK dapat lebih mudah diakses.(*)

  • Bagikan
"zone name","placement name","placement id","code (direct link)" direct-link-575147,DirectLink_1,17796333,https://earlierindians.com/j9hc8f2u?key=0215f31837d1d1f6258a99206aaefbf3 direct-link-575147,DirectLink_2,19132374,https://earlierindians.com/n0znctu1?key=472816a51fea2a2e83dc52e72f60df5a