Menu
Leading News For Education For Aceh

Jemaah Haji Kloter Pertama Aceh Tiba Selamat di Tanah Air

  • Bagikan
Jemaah Haji Kloter Perdana Aceh Tiba Selamat di Tanah Air

ACEHSIANA.COM, Banda Aceh – Jemaah Haji Embarkasi Haji Aceh kelompok terbang perdana (BTJ-01) tiba dengan selamat dan tepat waktu di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, pada Rabu (10/7), pukul 14.47 WIB.

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Haji Aceh (BTJ) 2024, Drs. H. Azhari, M.Si., menyampaikan bahwa sejumlah 393 jemaah dalam kloter 1, setelah proses keimigrasian, langsung diantar ke Asrama Haji Banda Aceh.

“Selamat tiba di tanah air Dhuyufurrahman, semoga mendapat haji mabrur,” doanya, setelah pesawat Garuda Indonesia Airways/GIA 2201 dari Medinah mendarat dengan baik di tengah cuaca yang agak berawan.

Dari Bandara SIM, lanjut Azhari yang juga Kakanwil Kemenag Aceh, jemaah diantar dengan bus pihak Garuda Indonesia menuju Asrama Haji Debarkasi Aceh pukul 16.43 WIB. Jemaah asal Aceh Besar dan Kota Sabang tiba di asrama haji pukul 17.20 WIB.

Selama di aula Jeddah, jemaah mengikuti upacara singkat penyambutan kedatangan, laporan ketua kloter, dan penyerahan paspor serta bagasi kepada petugas kabupaten/kota.

Azhari merincikan, kloter BTJ-01 terdiri dari 342 jemaah asal Aceh Besar, 42 jemaah asal Kota Sabang, dan 8 petugas.

“Laki-laki 149 dan perempuan 244 jamaah,” katanya.

“Satu jemaah Sabang dalam kloter 1 meninggal dunia atas nama almh Ruhamah binti M. Amin yang meninggal Rabu (5/6) di Rumah Sakit King Faisal, Saudi Arabia,” tuturnya.

Namun, sambung Azhari, kursi yang kosong diisi jemaah kloter 5 asal Aceh Tengah (tanazul masuk) atas nama Paini Wasdan, seat 5 pada kursi petugas karena risti dan lansia.

“Alhamdulillah, kloter BTJ-01 dengan jumlah 392 dapat melaksanakan seluruh rangkaian rukun dan wajib haji, Armuzna, dan tawaf ifadah. Dengan dua jemaah disafariwuqufkan dan satu jamaah wafat dan dibadalkan,” jelas Ketua PPIH dari laporan Ketua Kloter H. Suryadi, S.Ag.

Ketua PPIH BTJ, Azhari, juga menyampaikan terima kasih atas partisipasi semua pihak hingga suksesnya penyelenggaraan haji ini.

Sebelum jemaah berangkat ke daerahnya masing-masing atau dijemput pihak keluarga, Pj Gubernur Aceh yang diwakili Pj Sekda Aceh, Azwardi Abdullah, A.P., M.Si., menyambut dan menyerahkan pada panitia daerah.

“Mari kita bersama-sama membangun Aceh untuk masa depan yang lebih baik,” harap Pj Sekda. Harapannya, dari jemaah haji, semoga bisa membawa keteladanan dan spirit kebaikan bagi daerah.

Kloter 1 juga berhasil menghimpun dana untuk melanjutkan pembangunan Masjid Al-Mabrur Asrama Haji sebesar Rp 1.318.000 saat keberangkatan. Dan saat kepulangan, lapor Suryadi, berhasil menambah lagi sebanyak SAR 4.605 dan Rp 21.800.000.

Hadir dalam penyambutan antara lain Pj Bupati Aceh Besar, Kadis SI Aceh, dan para Kakankemenag serta jajaran. Suasana sejak siang di asrama sungguh ramai oleh para penjemput.

Khusus Kota Sabang, sebagian menginap di asrama menanti jadwal feri besok Kamis. Sebagian dijemput keluarga dekat dari Banda Aceh atau Aceh Besar. (*)

Editor: Darmawan

  • Bagikan