4.7 C
Munich
Selasa, November 29, 2022

Jelang IKM SMAN 1 Muara Batu Gelar Workshop

Must read

Acehsiana | Aceh Utara – SMA Negeri 1 Muara Batu mengadakan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka yang akan diterapkan pada tahun ajaran baru 2022/2023. Kesiapan sekolah dalam mengimplementasi kurikulum mempengaruhi arah pendidikan di satuan pendidikan. Kurikulum Merdeka sebagaimana tertuang dalam Kepmendikbudristekdikti No. 56/M/2022 berorientasi pada minat dan potensi murid. Struktur kurikulum yang berubah membuat guru sebagai penyelenggara kurikulum harus segera membenahi pengetahuan agar nantinya ketika tahun ajaran baru di bulan Juli 2022 seluruh perangkat sekolah sudah siap mengimplementasi Kurikulum Merdeka.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 1 sampai dengan 4 Juni 2022 menghadirkan narasumber nasional, Khairuddin yang juga Ketua Harian Pengurus Pusat Jaringan Sekolah Digital Indonesia. Dalam pemaparannya, Khairuddin menjelaskan bahwa esensi dari kurikulum merdeka bukan hanya kecakapan siswa dalam materi ajar seperti selama ini berlangsung. Namun juga murid diharapkan memiliki kemampuan soft skills setelah menamatkan pendidikan terutama di bidang SMA. Karena itu selain intrakurikuler, kurikulum merdeka menekankan pada kemampuan murid dalam membuat suatu proyek dalam ranah penguatan profil pelajar pancasila.

Kepala SMA Negeri 1 Muara Batu, Hj. Zuraida mengungkapkan kegembiraannya dalam melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi guru guna menghadapi kurikulum baru bagi peserta didik baru di kelas X nanti. Apalagi pelaksanaan kegiatan di hari libur memperingati hari lahir pancasila yang ternyata diisi oleh kegiatan bermanfaat dihadiri oleh seluruh guru yang dipersiapkan mengimplementasi kurikulum.

Dalam amatan Acehsiana, kegiatan yang berlangsung bukan hanya diikuti oleh guru di SMAN 1 Muara Batu saja, namun juga ada perwakilan sekolah sekitar yang diundang oleh sekolah ini. Sekolah yang turut hadir yaitu SMA Negeri 1 Sawang, SMA Negeri 2 Sawang, SMA Negeri 2 Kuta Makmur, SMA Negeri 1 Kuta Makmur, SMA Negeri 1 Nisam, SMA Negeri 1  Nisam Antara, SMA Negeri Kesuma Bangsa, SMA Negeri 1 Dewantara, SMA Swasta PGRI serta SMA Swasta PIM. (Darmawan)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article