Menu
Leading News For Education For Aceh

IGPKhI Aceh Gelar Posnas Dibuka Kacabdisdik Banda Aceh dan Aceh Besar, Ini Juaranya

  • Bagikan

ACEHSIANA.COM. BANDA ACEH – Ikatan Guru Pendidikan Khusus Indonesia menggelar Pekan Seni dan Olahraga Nasional (Posnas) tingkat provinsi Aceh yang diikuti para guru Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) dan Inklusi se-Aceh.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar, Syarwan Joni MPd saat membuka kegiatan Posnas ini di SLB Negeri Pembina Provinsi Aceh, Selasa (6/1/2024).

Syarwan Joni dalam sambutannya menyampaikan, titip salam dari Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Aceh, Drs Alhudri MM yang telah sukses menggelar Posnas tahun 2024 ini.

“Pada kegiatan Posnas tahun selanjutnya, Disdik Aceh bersama Kacabdik Wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar akan memberikan dukungan baik moral maupun material,” kata Syarwan.

Dikatakannya, pihaknya sangat perlu diberikan motivasi apalagi guru PKLK atau SLB merupakan guru spesial.

“Untuk kedepannya kita akan bersinergi dengan organisasi IGPKhI. Selama ini perhatian ke SLB tidak diabaikan sama pentingnya dengan SMA dan SMK,” ucap Syarwan.

Sementara itu, Ketua IGPKhI Provinsi Aceh, Hj Jamilah MPd menjelaskan, Posnas ke-1 tahun 2024 ini merupakan bagian dari program Departemen Seni Budaya dan olahraga PP IGPKhI.

“Posnas ini secara rutin diadakan setiap satu tahun sekali bertepatan dengan Hari Guru Nasional (HGN) dan hari lahirnya IGPKhI yang jatuh pada bulan Januari,” ungkap Jamilah.

Katanya, gelaran Posnas ini diikuti para guru PKLK dan inklusi secara daring, mengirimkan video dengan memperlombakan tiga cabang bidang yakni seni, budaya dan olahraga.

“Menyanyi solo, cipta baca puisi, paduan suara, tari tradisional, senam P5 adalah Posnas yang dilombakan dan bagi juara satu akan mewakili Aceh ke tingkat Nasional yang diselenggarakan padal 22 Februari 2023 dalam bentuk luring dan daring,” sebut Jamilah.

Ketua IGPKhI Provinsi Aceh mengharapkan, kegiatan Posnas ini akan menjadi motivasi bagi para guru pendidikan khusus untuk mengasah dan mengembangkan bakat mereka.

“Ucapan terima kasih kepada Ketua PP IGPKhI, Drs Agus Mulyawan M.Si yang menyelenggrakan dan mendukung kegiatan Posnas ke-1 ini,” ucap Jamilah.

Sedangkan salah seorang Pembina IGPKhI Provinsi Aceh, Dr Iskandar Abdul Samad MA, memberikan apresiasinya atas terlaksananya Posnas ini yang diikuti para guru pendidikan khusus se-Aceh.

“Acara seleksi ini akan membantu kita mendapatkan kandidat terbaik untuk berkompetisi di level nasional mewakili Aceh,” ujar Koordinator S-2 Bahasa Inggris FKIP USK ini.

Kata Iskandar, kompetensi guru dan tekdik kita tidak kalah dengan mereka yang berasal dari luar Aceh, dengan harapan mereka bisa membawa pulang juara di nasional nantinya.

Berikut para pemenang Posnas ke-1 masing-masing Pengurus Cabang (PC), kabupaten/kota tahun 2024 :

I. Tari Tradisional :

1. Aceh Tenggara
2. Kota Banda Aceh
3. Pidie dan Pidie Jaya

II. Paduan Suara :

1. Banda Aceh
2. Pidie dan Pidie Jaya
3. Aceh Tengah

III. Senam P5 :

1. PC 1. Banda Aceh dan Aceh dan Aceh Besar
2. Banda Aceh
3. Pidie dan Pidie Jaya

IV. Cipta dan Baca Puisi :

1. Vini Firliyani (Aceh Tengah)
2. Ruhma (Banda Aceh)
3. Raudhatul Jannah (Singkil)

V. Vokal Solo :
1. Banda Aceh
2. Aceh Besar dan Sabang
3. Aceh Tengah. (*)

  • Bagikan