1.9 C
Munich
Kamis, Desember 1, 2022

IGI Aceh Latih Ratusan Guru Membuat Video Animasi Pembelajaran

Must read

ACEHSIANA.COM, Banda Aceh-Ikatan Guru Indonesia (IGI) Wilayah Aceh terus berupaya untuk melatih para guru, agar mereka menjadi guru-guru yang sesuai dengan era Disrupsi. Salah satunya adalah melatih guru-guru agar mahir dalam membuat video animasi pembelajaran.

Kegiatan yang berlangsung secara virtual dengan menggunakan aplikasi Zoom itu diikuti oleh sekitar 500 orang peserta, baik dari Provinsi Aceh maupun luar Aceh dan dibuka secara resmi oleh Ketua Umum PP IGI, Muhammad Ramli Rahim. Adapun pematerinya trainer nasional, Dahli Ahmad, M.Pd dari Jawa Barat.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua IGI Aceh, Imran, Selasa (21/10/2020).

Imran mengatakan saat ini IGI Aceh akan terus bergerak membantu para guru dengan cara membuat pelatihan-pelatihan agar kompetensi mereka terus meningkat dan mengikuti perkembangan zaman.

“Dengan pelatihan yang kita gelar ini, diharapkan para guru kita tidak lagi kaku mengajar di kelas seperti model mengajar konvensional. Apalagi anak-anak kita sekarang lebih dekat dengan dunia animasi. Dari itu guru pun harus menyesuaikan kemampuannnya,” ujar Imran.

Lebih lanjut Imran menjelaskan, pelatihan membuat video animasi untuk pembelajaran merupakan hasil kerja sama IGI dengan Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI), Narasi dan kitabisa.com.

Sementara itu, Ketua Umum PP IGI, Muhammad Ramli Rahim dalam sambutannya ketika membuka acara pelatihan mengatakan bahwa dari awal berdirinya, IGI sudah berpikir bagaimana agar kompetensi guru-guru Indonesia dapat meningkat.

“Kita sudah membuat berbagai terobosan untuk membantu para guru dengan digelarnya pelatihan-pelatihan secara gratis dan mendukung kemampuan guru masa kini. Dan ini salah satu upaya agar guru-guru yang mengajar di kelas dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman”, kata Muhammad Ramli Rahim yang juga putra Makasar.

Ia menambahkan dari tata cara menyajikan pelajaran atau metode pembelajaran, mayoritas guru di Indonesia kurang cakap dalam menyesuaikan dengan zaman.

“Hanya sebatas mengajar dan itu merupakan cara lama yang sudah tidak cocok dengan zaman. Dari itu pelatihan seperti mendesain video animasi pembelajaran dapat membuat guru lebih sesuai dengan jaman sekarang”, pungkasnya. (*)

Editor: Fitriadi

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article