Menu
Leading News For Education For Aceh

Houthi Serang Kapal Kargo AS di Teluk Aden

  • Bagikan
Houthi Serang Kapal Kargo AS di Teluk Aden, Ancam Perang Terbuka dengan AS dan Inggris

ACEHSIANA.COM – Kelompok pemberontak Houthi di Yaman menyerang kapal kargo jenis bulker yang dimiliki dan dioperasikan oleh Amerika Serikat (AS) dengan rudal balistik anti-kapal di Teluk Aden, Senin (15/1). Kapal yang bernama Gibraltar Eagle itu mengalami kerusakan ringan dan tidak ada awak yang terluka.

Serangan ini merupakan salah satu dari serangkaian serangan Houthi terhadap kapal-kapal dagang di Laut Merah dan Teluk Aden, yang diklaim sebagai bentuk solidaritas dengan Palestina dan Hamas di Gaza, yang sedang berperang dengan Israel.

Houthi mengatakan mereka hanya menargetkan kapal-kapal yang berafiliasi dengan Israel atau menuju pelabuhan-pelabuhan Israel.

Houthi juga mengancam akan terlibat dalam pertempuran terbuka dengan AS dan Inggris, yang telah melancarkan serangan udara terhadap fasilitas-fasilitas militer Houthi di Yaman sebagai balasan atas serangan-serangan Houthi terhadap kapal-kapal dagang.

Houthi menuduh AS dan Inggris mendukung Israel dan melanggar hukum internasional dan kedaulatan Yaman.

Serangan-serangan Houthi telah mengganggu jalur pelayaran penting yang menghubungkan Asia dan Timur Tengah dengan Eropa melalui Terusan Suez.

Sejumlah perusahaan kargo telah mengubah rute mereka untuk menghindari wilayah perairan yang rawan serangan. AS dan Inggris telah mengeluarkan peringatan kepada kapal-kapal mereka untuk menjauh dari daerah-daerah tertentu di Laut Merah dan Teluk Aden. (*)

Editor: Darmawan

  • Bagikan