Menu
Leading News For Education For Aceh

GP Bireuen Gelar Workshop Online Pemanfaatan Artificial Intelligence Peserta Capai 2.077 Orang

  • Bagikan

Acehsiana.com – Bireuen, Kelompok Komunitas Guru Penggerak Kabupaten Bireuen sukses melaksanakan  Workshop online bertemakan pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan (AI) dalam pembelajaran pada Senin, 29 Januari 2024.

Workshop ini sangat sukses dengan partisipasi mencapai 2077 peserta yang mendaftar langsung melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM), Dimana kegiatan ini berlangsung selama dua hari yaitu Senin – Selass,29 – 30 Januari 2024 secara virtual tulis NuzLita yang dikirim ke redaksi acehsiana.com melalui aplikasi WhatsApp.

Lebih lanjut tulis NuzLita, Kegiatan diresmikan oleh Kepala Balai Guru Penggerak (BGP) Aceh  Tety Wahyuni, S.Si.,M.Pd serta kata sambutan sekaligus motivasi disampaikan oleh Abdul Hamid, S.Pd.,M.Pd selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Bireuen.

Workshop ini merupakan hasil kolaborasi guru penggerak dari Kabupaten Bireuen yang tergabung dalam komunitas guru penggerak Bireuen, khususnya dari angkatan 3, 7, dan 8 yang dikoordinir oleh Safaruddin, S.Pd.,Gr sebagai ketua Komunitas.

Para guru penggerak tersebut berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence atau AI dan membagikan hal tersebut kepada seluruh guru di Indonesia secara lebih luas.

Dalam sambutannya, Kepala BGP Aceh menyampaikan apresiasi terhadap antusiasme peserta dan kolaborasi yang baik antar guru penggerak.

Tety Wahyuni menekankan pentingnya pemanfaatan teknologi AI dalam mendukung proses pembelajaran modern, serta bagaimana hal ini dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan pendidikan di Aceh.

Workshop ini tidak hanya memberikan materi teoritis, tetapi juga melibatkan peserta dalam simulasi langsung. Para peserta diajak untuk aktif berpartisipasi dalam kegiatan praktis, menggunakan AI untuk membuat berbagai simulasi pembelajaran interaktif.

Hal ini bertujuan agar peserta dapat langsung mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh selama workshop pinta Tety.

Lebih lanjut, Salah satu keberhasilan workshop ini dapat dilihat dari output yang dihasilkan oleh peserta. Setiap peserta diminta untuk menciptakan karya menggunakan teknologi AI, dan hasilnya sangat mengesankan. Ada berbagai jenis karya, mulai dari pengembangan aplikasi edukasi berbasis AI hingga penggunaan AI dalam merancang materi pembelajaran yang lebih menarik.

Nuzlita Ramasepa, S.Pd.,Gr selaku moderator menyampaikan bahwa workshop ini bukan hanya sekadar pembelajaran, tetapi juga menjadi wadah untuk bertukar pengalaman dan best practice antara guru penggerak. Para peserta juga memiliki kesempatan untuk menjalin koneksi dan membangun jejaring yang akan terus mendukung pengembangan pendidikan di Aceh.

Keberhasilan workshop ini menjadi langkah awal yang positif dalam memperkuat peran teknologi AI dalam dunia pendidikan. Para guru penggerak Kabupaten Bireuen berharap bahwa hasil dari kegiatan ini dapat memberikan inspirasi dan dorongan bagi sektor pendidikan lainnya untuk lebih aktif mengadopsi teknologi AI dalam proses pembelajaran, sehingga pendidikan yang berpusat pada murid dapat kita wujudkan Bersama tutur Nuzlita.

Abdul Hamid dalm sambutannya menyampaikan bahwa semua aplikasi ada kelebihan dan kekurangan. Kelebihan aplikas Artificial Intelligence adalah memudahkan guru membuat materi pembelajaran dalm waktu yang singkat. Aplikasi ini bisa diperintahkan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran namun aplikasi AI tidak bisa mengajarkan akhlak dan kepribadian maka butuh guru untuk mengaplikasikan kebaikan akhlak, mengaplikasikan budaya berbagai budaya kasih sayang, budaya menghargai satu sama lain jelas Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Bireuen.

  • Bagikan
"zone name","placement name","placement id","code (direct link)" direct-link-575147,DirectLink_1,17796333,https://earlierindians.com/j9hc8f2u?key=0215f31837d1d1f6258a99206aaefbf3 direct-link-575147,DirectLink_2,19132374,https://earlierindians.com/n0znctu1?key=472816a51fea2a2e83dc52e72f60df5a